• Bahasa

Gubernur Jabar Resmikan Jabar Caang di Kecamatan Sukaresmi Garut

10 Mar 2018 Hanapi 545

Desa Sukalila, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut pada Rabu 07 Maret 2018 telah diresmikan pelaksanaan program "Jabar Caang" oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Hadir dalam mendampingi Gubernur, Danrem 062 Tarumanagara Kolone Inf Tatan Ardianto, Kasatpol PP prov jabar drs Enjang Rustandi, Asisten Ekonomi prop jabar Edi nasution S.E, Stap Ahli Gubernur Dodi H M.Si, Disperkim prop jabar Ir Bangbang M.Si, Kadis Perhutani prop jabar Ir Hendi jatnika MM.



Direktur Bisnis Reg Jawa Bagian Tengah PT PLN persero Murtaqi Samsudin ZM, PLN DJB Amir syidin, Direktur Tehnik dan Lingkungan ketenagalistrikan Kementrian ESDM Munir Muhamad, Plt Kadis ESDM Prop Jabar Edi Nasution, Pj Sekda Kabupaten Garut H. Uu Saepudin, Ketua DPRD Kabupaten Garut Ade Ginajar, Kadis Koperasi & UKM Kabupaten Garut Drs Eko, PM Star energzi Marash simbolon, vic star energi pusat Suhartono Darmono, Unsur Muspika Kecamatan Sukaresmi, Para kades kecamatan Sukaresmi, Tokoh masyarakat penerima sambungan listrik dan tamu undangan lainnya.

Dalam sabutanya Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, menyambut positip kepada para pengusaha yang bisa membuat masyarakat semakin menikmati dan membuka lahan pekerjaan, sehingga masyarakat bisa membuka semua akses perusahaan yang berhubungan dengan kelistrikan.



Dengan adanya listrik masuk ke desa-desa, lanjut Gubernur, sebab listrik merupakan saran alat yang sangat berguna , hampir semua bahan mempergunakan kelistrikan dari mulai alat rumah kantor dan di ladang

Tahun 2008, lanjut Heryawan, elektripikasi di Jawa Barat sangat rendah tetapi, pada thn 2017 elektripikasi meningkat pesat sampai 99%. Kerjasama dan pemanfaatan bumi yang kita cintai bisa diambil manfaatnya, serta hasilnya untuk kesejahtran warga masyarakat yang ada di kabupaten Garut dan seluru Jawa Barat.

"Tahun 2019, Kami beserta chekhorder lain, akan kita tuntaskan sehingga Jabar caang terlearisasi." ungkapnya.



Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Garut, Drs.H.Uu Saepudin M.Si, Kami sangat bangga atas di resmikannya program "Jabar Caang" di kabupaten Garut. "Semoga ini merupakan awal masyarakat lebih maju sehingga menambah mutu kehidupan masyarakat akan lebih maju lagi ke arah Garut yang aman, nyaman dan sejahtra semuanya," ungkapnya.

Dalam sambutanya, Direktur Tehnik dan Lingkungan ketenagalistrikan Kementrian ESDM Munir Muhamad, mengatakan pemasangan sambungan tenaga listrik melalui PLN di nilai merupakan pola yg cukup signifikan untuk mempercapat peningkatan resio eletripikasi.

"Semuanya itu bertujuan untuk pemerataan pembangunan sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat dan kualitas yg lebih sejahtra," jelasnya

Lanjut Munir, Energi listrik merupakan kebutuhan pokok baik di kota ataupun di desa. Pemerintah berkomitmen untuk menambah dan memasang gardu listrik di tiap dusun, sehingga pemerataan pembangunan akan terasa di berbagai kabupaten yang ada di Jawa Barat khususnya.

Direktur Bisnis Reg Jawa Bagian Tengah PT PLN persero, Murtaqi Samsudin ZM, menyampaikan kegiatan "Jabar caang" hanya di Jawa Barat telah memenuhi 100%, sehingga kedepan akan di kejar tiap dusun, Supaya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Mutaqin, program ini merupakan program pemerintah 30.000 Mg watt. Kedepan tahun 2018 kita harapkan mencapai 10.000 mg watt.

"Tahun anggaran 2017 Dinas ESDM Prop Jabar telah melaksanakan penyambungan listrik terhadap masyarakat miskin dan tidak mampu berdasarkan data terpadu TNP2K sebayak 26.142 rumah tangga yang tersebar di 18 kabupaten dan 3 kota, meliputi 249 kecamatan dan 630 desa dan kelurahan," ungkapnya.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut