• Bahasa

Penjabat Bupati Garut Dukung Pelestarian Domba Garut Dan Seni Ketangkasannya

9 Mar 2024 Hanapi 194

GARUT, Kadungora - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, hadir dalam Pergelaran Seni Ketangkasan Domba Garut, Kampung Jareged, Desa Neglasari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Sabtu (9/3/2024). Kehadirannya memperkuat komitmen dalam melestarikan warisan budaya dan seni ketangkasan domba Garut.
 
Dalam acara tersebut, Barnas menyatakan komitmennya untuk mendukung pelestarian domba Garut dan seni jenis ketangkasannya.

"Saya akan berjuang untuk mencoba di 2025 menganggarkan untuk kegiatan pesta domba," kata Barnas.



Dalam sambutannya, Barnas menyampaikan bahwa Kabupaten Garut merupakan kabupaten yang indah dan eksotis, mampu menarik wisatawan mancanegara dan lokal. Ia pun mengapresiasi kegiatan Pegalaran Seni Ketangkasan Domba Garut ini, sebagai upaya untuk melestarikan domba Garut dan seni ketangkasannya.

"Kabupaten Garut terkenal dengan banyak hal, salah satunya adalah domba Garut. Nah tentu domba Garut yang terkenal itu harus kita lestarikan, baik itu ketangkasannya, kecakepannya, kageulisannya, dan juga keindahan dari domba-domba yang kita miliki," ujar Barnas.



Barnas juga menekankan pentingnya sosialisasi kepada wisatawan tentang tempat adu domba yang representatif di Kabupaten Garut, memperkuat daya tarik wisata lokal.

"Dan kita harus memberikan sosialisasi yang terus menerus, sehingga para tamu wisatawan yang masuk ke kota kita Kabupaten Garut bisa menikmati tempat adu domba yang refresentatif," ucapnya.



Sementara itu, Ketua DPC HPDKI Garut, Riki Muhamad Sidiq, menyampaikan, pihaknya kerap mengadakan event yang menampilkan ketangkasan domba Garut, pestok, dan catwalk domba, dengan domba-domba yang ikut serta melenggak-lenggok bak model, sementara dalam pestok yang dinilai yaitu kegagahan hingga kecantikan domba Garut.

"Kalau pestok ini ada raja kasep, ratu bibit, dan ada lagi raja pedaging," tuturnya.



Pihaknya berharap agar Pj. Bupati Garut dapat mendukung anggaran untuk kegiatan Pestok dan seni ketangkasan domba Garut di tahun 2025.

Sementara Sekretaris Kecamatan Kadungora, Toni Hendriana, menyampaikan terima kasih atas kebijakan Pj Bupati Garut yang mempromosikan kuliner khas setempat, seperti Kue Balok, dalam kegiatan resmi di Pemkab Garut.



Berkaitan dengan pergelaran kesenian tangkas domba ini, Toni meuynebutnya sebagai suatu wadah silaturahmi antara pemilik peternak, tokoh masyarakat, penggemar, dan organisasi profesi yang dihimpun dalam HPDKI.

"Mudah-mudahan juga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah dan meningkatkan piariwisata di Kecamatan Kadungora, dan juga dapat menumbuhkan ekonomi di sekitar Kecamatan Kadungora," tandasnya.



Dengan diikuti oleh lebih dari 150 domba tangkas dari berbagai kelas, acara ini tidak hanya menjadi wadah silaturahmi antara pemilik peternak, tokoh masyarakat, dan penggemar, tetapi juga menjadi dorongan untuk meningkatkan minat dan bakat pecinta domba serta potensi pariwisata dan ekonomi di sekitar Kabupaten Garut, khususnya di Kecamatan Kadungora.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT