• Bahasa

Peringati Hari Kartini Ke-145, DWP Kabupaten Garut Gelar Kegiatan Cek Kesehatan

24 Apr 2024 Hanapi 61

GARUT, Tarogong Kidul - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut menggelar kegiatan sosial Cek Kesehatan Penyakit Tidak Menular dan Elektrokardiogram (EKG), di Sekretariat DWP Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (24/4/2024).

Menurut Ketua DWP Kabupaten Garut, Lina Nurdin Yana, kegiatan ini selain sebagai  implementasi dari program kerja DWP Kabupaten Garut di bidang sosial budaya, juga terselenggara dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-145 Tingkat Kabupaten Garut.



Lina menerangkan, kegiatan yang diikuti para pengurus dan anggota DWP Kabupaten Garut bertujuan meningkatkan pemahaman para pengurus dan anggotanya mengenai deteksi dini penyakit tidak menular.

"Yang kedua tentu saja tujuannya yaitu adalah untuk menurunkan angka kematian dini akibat dari penyakit tidak menular," ucapnya menambahkan.



Lina berharap, kegiatan seperti ini tidak berlangsung hanya pada saat Peringatan Hari RA Kartini saja, namun juga diselenggarakan di momen-momen lainnya, sehingga para anggota dan pengurus DWP Kabupaten Garut bisa mengenali tanda-tanda dan gejala dari penyakit tidak menular.

Lina menambahkan, kegiatan ini merupakan yang pertama bagi DWP Kabupaten Garut dalam menyelenggarakan pemeriksaan EKG bekerja sama dengan Rumah Sakit Jantung Hasna Medika.

"Alhamdulillah dengan dilaksanakannya kegiatan screening kesehatan ini berarti ibu-ibu sudah paham dan sadar tentang bahaya penyakit tidak menular," ucapnya.



Sementara itu, Direktur Klinik Utama Jantung Hasna Medika, dr. Santy Alissandi, merasa senang dapat berkontribusi dalam kegiatan edukasi, cek kesehatan penyakit menular, dan pemeriksaan EKG bagi pengurus dan anggota DWP Kabupaten Garut.

"Saya melihat manfaatnya banyak sekali, terutama untuk pemeriksaan penyakit tidak menular dan pemeriksaan rekam jantung untuk mengetahui resiko-resiko penyakit jantung," ucapnya.

Dalam kesempatan ini pihaknya melaksanakan pemeriksaan rekam jantung, dengan menyediakan alat rekam jantung untuk mengetahui gejala penyakit jantung melalui pemeriksaan dasar.



Sesuai dengan visi dan misi Klinik Utama Jantung Hasna Medika, imbuh dr. Santy, pihaknya berkeinginan terus berkontribusi dalam kegiatan preventif dan promotif terkait dengan kesehatan jantung di Kabupaten Garut.

"Harapannya bahwa kesadaran seluruh masyarakat Kabupaten Garut terutama keluarga besar DWP Kabupaten Garut ini semakin meningkat mengenai kesadaran kesehatan penyakit jantung," tandasnya.



www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT