• Bahasa

Pohon Berusia 73 Tahun Tumbang di Komplek Setda Garut

14 Nov 2019 Hanapi 2295

Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (13/11/2019) sore sekitar pukul 15.05 Wib, menumbangkan pohon beringin tua berusia 73 tahun yang berada di taman komplek kantor Sekretariat Pemerintahan Daerah (Setda) kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kelurahan Tarogong Kidul.

Walaupun tak ada korban jiwa, tapi tumbangnya beringin tua itu membuat panik seluruh pegawai di kantor Setda Garut. Mulai batang, dahan dan ranting pohon yang tumbang itu menimpa atap ruang rapat dan lobi tunggu ruang Wakil Bupati.

Sementara pohon lamtoro di samping Utara kantor Sekretariat Daerah yang tumbang dan menimpa tempat parkir kendaraan roda 4 yang mengakibatkan tembok jebol dan atap tempat parkir hancur dan pecahan geting menimpa salah satu kendaraan roda 4.



Bupati Garut H. Rudy Gunawan pun mendatangi lokasi tumbangnya pohon beringin yang berusia 73 tahun ini. Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan paling parah di bagian atap kantor. Kerugian, kata Rudy, ditaksir di atas Rp 53 juta dan pihaknya akan segera memperbaikinya.

“Saya tadi mendapat laporan perihal pohon tumbang yang menimpa kantor wabup dan Sekda. Diduga, pohon berusia 73 tahun itu tumbang lantaran batang sudah tua ditambah faktor hujan yang disertai angin kencang. Adapun kerugian ditaksir sekitar Rp 53 juta lebih dan kami akan segera memperbaikinya,” terang Bupati Garut.

Sementara, menurut seorang saksi mata, pegawai ASN Pemkab Garut, mengaku, saat kejadian ia tengah berada di pos jaga di pintu gerbang Pemkab Garut. Awalnya hanya hujan biasa. Tak lama terjadi angin kencang dan terdengar suara pohon tumbang.

“Hujan disertai angin kencang menghantam pohon beringin yang berada di taman komplek setda Garut. Pohon yang roboh itu menghantam atap genteng ruang rapat dan lobi tunggu ruang Wakil Bupati. Sekitar 10 menitan setelah hujan, terdengar suara pohon roboh. Gubrak,” ujar salah seorang pegawai.

Di lokasi, tampak petugas Damkar, BPBD, Tagana, TNI/Polri dan pegawai di lingkungan Setda Garut sedang membersihkan puing-puing genteng dari atap kantor yang hancur.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT