• Bahasa

Program Transisi PAUD Ke SD, Bunda PAUD Kabupaten Garut Ajarkan Anak-Anak Bergembira Dalam Belajar

8 Aug 2023 Hanapi 646

GARUT, Wanaraja - Bunda PAUD Kabupaten Garut, Diah Kurniasari Rudy Gunawan, telah mengambil langkah konkret untuk memastikan kesuksesan Program Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan. Dalam kunjungan ke PAUD Kober Al-Hidayah Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin (07/08/2023), Diah memberikan edukasi dan sosialisasi tentang program tersebut.

Dalam suasana kunjungannya, Bunda PAUD Kabupaten Garut menyampaikan pentingnya mengajarkan anak-anak PAUD dengan kebahagiaan dan tanpa tekanan. Ia menekankan bahwa PAUD merupakan tempat bagi anak-anak untuk tumbuh dan belajar dengan sukacita, baik saat masih di PAUD maupun saat beralih ke SD.



Selain memberikan edukasi, Diah juga memberikan bantuan berupa ruang kelas baru kepada PAUD Kober Al-Hidayah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan belajar bagi anak-anak di PAUD tersebut.

"Jadi saya harap mudah-mudahan yang kami berikan ini menambah kenyamanan, menambah fasilitas yang ada di PAUD Kober Al-Hidayah," ujar Diah didampingi Kepala Seksi (Kasi) PAUD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Awat Setiawati.



Awat Setiawati mengungkapkan bahwa kunjungan ini adalah aksi nyata dari Bunda PAUD Kabupaten Garut dalam mendukung program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Ia juga menambahkan bahwa orang tua siswa merespon positif terhadap program ini.

Program transisi PAUD ke SD ini bertujuan untuk memastikan anak-anak dapat beralih dengan lancar dan tanpa rasa cemas ke kelas 1 SD. Tes penerimaan siswa tidak akan dilakukan, baik itu baca tulis hitung (calistung) maupun tes sejenisnya.



"Itu tujuannya supaya perkembangan anak dari PAUD ke SD itu tidak terputus tetap adanya berkelanjutan, jadi situasinya menyenangkan maksudnya seperti itu," lanjutnya.



Awat menegaskan bahwa edukasi terkait program transisi ini akan terus dilakukan secara berjenjang oleh Kelompok Kerja (Pokja) PAUD kecamatan dan Bunda PAUD kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan. Dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut juga membuktikan pentingnya pendekatan serentak dalam transisi PAUD ke SD di seluruh Kabupaten Garut.

"Jadi edukasinya secara berjenjang dan dilakukan secara terus-menerus," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT