GARUT, Tarogong Kidul - Progres pembangunan Mal Pelayanan
Publik (MPP) yang berlokasi di Simpang Lima, Jalan Patriot, memasuki
tahap II, kini telah mencapai 50%. Bulan Desember mendatang ditargetkan
bangunan selesai sepenuhnya, termasuk sarana prasarana penunjangnya.
Menurut
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
Kabupaten Garut, Wahyudijaya, MPP Kabupaten Garut nantinya akan
menyediakan berbagai layanan dari setiap instansi, termasuk pengurusan
paspor. Hal ini diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam berbagai
layanan terpusat di MPP sebagai layanan publik.
"Termasuk juga
nanti apabila ini sudah teruji, ini otomatis akan berdampak kepada minat
investasi yang akan berdatangan ke Kabupaten Garut," ujar Wahyudijaya
usai menggelar Rapat Persiapan Calon Penyelenggara MPP Kabupaten Garut,
di Ruang Rapat Wakil Bupati Garut, Kamis (19/10/2023).
Sebagai
tindaklanjut, dari rapat tersebut, pihaknya akan mengunjungi
instansi-instansi teknis yang hadir dalam rapat ini. Pihaknya akan
meminta informasi tentang jenis layanan yang akan disediakan di MPP,
termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya.
"Karena kan
walaupun bagaimana ini sebagai bahan rujukan kami di dalam rangka
mengkompilasi ya SOP yang ada di masing-masing instansi teknis terkait
baik vertikal maupun horizontal," katanya.
MPP ini, tambah Wahyu,
nantinya akan menyediakan 23 gerai pelayanan. "Tapi nanti kemudian ini
bagaimana kita melihat volume layanan ya, (mungkin) bisa satu gerai oleh
beberapa instansi teknis," ujar Wahyu.
Rapat ini dihadiri pula
Asisten Daerah (Asda) 3 Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Garut,
Budi Gan Gan, dan 30 perwakilan instansi.