garut header
Selasa, 21 Nopember 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Belum lama ini Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Garut menjadi salah satu yang menerima tanda penghargaan Manggala Karya Kencana pada rangkaian Acara Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV tahun 2017, di rumah jabatan Gubernur Lampung, Bandar Lampung.

Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), diberikan kepada lima kepala pemerintah daerah kabupaten/kota dan empat ketua tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), sedangkan tiga orang lainnya memperoleh penghargaan Dharma Karya Kencana (DKK).

Mereka itu adalah Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Bupati Bogor Hj Nurhayanti, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Walikota Bekasi H Rachmat Effendi dan Walikota Cirebon Nasrudin Azis. Selain itu, Ketua TP PKK Kota Bandung, Atalia Kamil, Ketua TP PKK Kabupaten Garut Diah Kurniasari, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Wahyu Tjiptaning, Ketua TP PKK Kota Banjar Hj Kurniati.

Sementara itu penghargaan DKK diberikan pada Sri Hidayati dari Ikatan Istri Dokter Kota Banjar, Ni Nyoman Sukarni (bidan Kota Banjar) dan Syahbani Febriana (pengurus Star Jabar).

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty mengatakan MKK diberikan kepada Gubernur, Walikota dan Bupati yang punya prestasi, komitmen, dukungan serta dharma bakti yang besar dalam kepemimpinannya ketika melaksanakan program KKBPK.

Tanda Kehormatan dan Penghargaan Bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) Tahun 2017 tersebut disematkan langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo serta disaksikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty.

Penghargaan di bidang Keluarga Berencana (KB) berupa Penghargaan Manggala Karya Kencana adalah Penghargaan yang diberikan karena Ketua TP PKK Kabupaten Garut dipandang layak atas dukungan dan komitmennya terhadap program KKBPK (Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga) di Kabupaten Garut.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Garut beliau telah banyak menggelorakan kampanye KB melalui momentum Kesrak PPK KB Kes di Kabupaten Garut, khusus untuk pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) menggratiskan pelayanan KB pd setiap baksos pelayanan KB di Puskesmas maupun RS Guntur sebagai bukti dukungan, juga memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan program KB.

Dihubungi melalui telepon, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Drs. Alan Suparlan, MS.i yang dalam acara tersebut mendampingi Ibu Bupati, menyampaikan “Mudah-mudahan penghargaan ini akan meningkatkan motivasi kita lagi kedepan untuk membangun kualitas masyarakat yang dimulai dari keluarga yang sakinah mawaddah warahmah (Samara).  Melalui keluarga Samara ini nantinya akan dapat melahirkan generasi-generasi yang beraklaqul karimah, generasi yang shaleh dan shalehah demi terwujudnya Kota Garut yang bermartabat, nyaman dan sejahtera dibawah ridho dan lindungan Allah.

“Untuk program yang lebih baik kedepan, doa dan dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama membangun Garut yang dimulai dari keluarga yang berkarakter, yaitu keluarga yang berketahanan, bahagaia, sejahtera,” Pungkasnya.

Penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, KB dan Pembangunan Keluarga.

Indikator suksesnya program ini, masyarakat kini lebih cerdas untuk mengikuti program KB yang digalakkan pemerintah. Masyarakat Kota telah memahami bahwa KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah, tapi mengatur jarak kelahiran untuk menjaga kesehatan reproduksi ibu. Masyarakat juga semakin memiliki ilmu pengetahuan yang baik mengelola keluarga yang sejahtera.