garut header
Minggu, 22 Oktober 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Pemkab Garut Terus Lakukan Pengawasan Bantuan Anggaran Dana Desa

Pemerintah Kabupaten Garut memastikan realisasi anggaran dana Desa bagi seluruh desa akan berjalan mulus sesuai rencana dan target yang digulirkan pemerintah pusat.

Meski berpotensi adanya peluang penyimpangan namun semua itu tidak perlu dikhawatirkan berlebihan.

“Segala sesutu yang menyangkut tekhnis pelaksanaan dan pengalokasian anggarannya sudah disesuaikan dengan struktur dan mekanisme, serta juklak dan juknisnya cukup jelas,” Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut Drs. Jajat Darajat, M.Si, belum lama ini.

Ia menyebut proses tersebut juga sudah dilegalisasi oleh Peraturan Bupati (perbup).

“Dari asfek pengawasannya pun dinilai sudah lengkap, dari mulai BPD, hingga forum musyawarah muspika. Jika ada peyimpangan dari mekanisme aturan yang ada, jelas itu sebuah pelanggaran dan sanksinya pun jelas,” tandasnya.

Meski demikian diakui Jajat bahwa masih banyak kepala desa dan aparaturnya yang belum paham terhadap aplikasi pelaksanaan dana bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kabupaten tersebut.

” ini menjadi tugas dan tanggungjawab institusinya, untuk memberikan sosialisasi terkait pemahanan juklak dan juknis tekhnis pelaksanaan penerapan anggaran untuk pembangunan desa tersebut,” paparnya.

Dana ADD atau DAD yang mengalir ke masing masing desa atau tepatnya ada 442 Desa dikabupaten Garut, tidak kurang dari Rp.550 miliar pertahunnya, yang sedang dan akan di laksanakan.

Menurut Jajat 50 persen dana ADD sudah terserap. Maka untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam hal ini, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan unsur muspika kecamatan.

“Agar mereka turut melakukan pengawasan terhadap pelakasanaan pembangunan di Desa,” pungkasnya.