garut header
Selasa, 21 Nopember 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Bupati Garut Sidak UPT Pendidikan Cigedug

USAI menghadiri acara manasik haji anak usia dini di Lapang Sindangsari, Bupati Garut H. Rudy Gunawan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pendidikan Cigedug, di Jalan Raya Cigedug, Kampung Kolot, Desa Cigedug, Rabu (13/9/2017).

sontak hal tersebut Membuat sejumlah staf UPT yang sedang bekerja berhamburan keluar ruangan untuk menyambut Bupati yang sudah berada di ruang tamu kantor bersama Camat Cigedug Mia Herlina. Demikan pula dengan Kepala UPT yang langsung ke kantor padahal saat itu sedang memantau acara manasik haji PAUD.

Bupati langsung meninjau ruangan yang ada di kantor UPT Pendidikan tersebut. terlihat ruangan Pengawas SD dan Penilik kosong. Meja pengawas dipenuhi dengan tumpukan berkas dan alat tulis serta alat-alat peraga yang terpasang dinding ruangan.

Saat ditanya Bupati, Kepala UPT Pendidikan Mamun Gunawan menjelaskan bahwa penilik sedang memonitoring pelaksanaan manasik Haji PAUD. Sedangkan pengawas sedang melakukan kegiatan Bimbingan Standar Pelayanan Minimun Internal (SPMI) dan Pendampingan Induk Klaster Kurikulum 2013 yang tersebar dibeberapa sekolah dasar. Bahkan ada pengawas yang melakukan pendampingan diluar kecamatan Cigedug.

Bupati juga menanyakan langsung terkait kebiasaan Kepala UPT Cigedug selalu masuk kantor siang hari, Mamun menjelaskan bahwa di tiga minggu pertama dirinya dilantik menjadi Kepala UPT Pendidikan, selalu standby dikantor paling lambat pukul 07.00 WIB dan pulang paling cepat pukul 16.30 WIB.

“Diminggu keempat, kenapa saya masuk kantor selalu siang, saya ingin memastikan staf bekerja sesuai dengan tugas dan berada dikantor sesuai jam kerja, termasuk membiasakan apel pagi dan sore setiap hari,” jelas Mamun pada Bupati Rudy Gunawan.

Menurut Mamun, setiap pukul 07.00 WIB, dirinya tidak langsung ke kantor, namun langsung berada di salah satu sekolah untuk membangun kebiasaan guru dan kepala sekolah datang sebelum pukul 07.30 WIB, untuk melakukan kegiatan pra pembelajaran, seperti embun pagi.

“Saya tunggu sampai pukul 10.00 WIB, untuk memastikan bahwa guru berada dikelas nya masing-masing melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kemudian memanfaatkan waktu istirahat pada jam 10.00 WIB, saya berbincang dengan guru dan kepala sekolah untuk memberikan motivasi kerja sekaligus menyerap aspirasi mereka. Baru kemudian saya ke kantor UPT,” paparnya.

Mendengar penjelasan kepala UPT Pendidikan, Bupati manggut-manggut dan tersenyum tampak puas.

“Keberadaan UPT Pendidikan ini sangat penting, terlebih untuk Kabupaten Garut yang memiliki posisi geografis spesifik. Saya melihat kinerja kepala UPT Pendidikan Cigedug beserta Pengawas dan Penilik cukup bagus, saya juga sudah mendengar laporan sebelumnya, makanya saya cek langsung ke lapangan,” tegas Bupati.

Menurut Bupati, yang harus full berada dikantor adalah staf pelaksana untuk melayani kebutuhan administrasi. Sedangkan Kepala UPT Pendidikan, Pengawas dan Penilik harus banyak berada dilapangan untuk melakukan monitoring dan supervisi sekolah serta kegiatan lainnya agar kualitas pendidikan dapat memenuhi delapan standar yang sudah ditetapkan pemerintah.