garut header
Rabu, 07 Desember 2016   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
KPU Garut Siapkan 1.800 Formulir untuk TPS Lapas dan RSUD

Menghadapi Pilgub Jabar, 13 April 2008, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Garut menyiapkan 1.800 formulir surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) RSU dr. Slamet Garut dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Garut.

Sekretaris KPU Kab. Garut, Mlenik Maumeriadi, Sabtu (1/3) mengatakan, untuk TPS khusus di RSU dr. Slamet Garut disediakan 600 lembar surat suara bagi para karyawan rumah sakit dan pasien. TPS di rumah sakit tersebut bisa bersifat mobile dengan mendatangi tempat rawat pasien. Sehingga pasien bisa mencoblos tanpa harus meninggalkan ruang perawatannya. Sedangkan di lapas, disiapkan dua TPS dengan dengan 600 formulir surat suara.

Menurut Mlenik, jumlah surat suara yang disiapkan di lapas bisa saja berubah, bergantung perkembangan terakhir status tahanan yang memiliki hak suara. Pasalnya, tahanan yang memiliki ancaman hukuman lebih dari lima tahun dipastikan tidak akan memiliki hak suara.

Total pemilih di Kab. Garut, sesuai daftar pemilih tetap, kata Mlenik, mencapai 1.536.987 orang, terdiri atas 778.765 pemilih laki-laki dan 758.222 pemilih perempuan. Jumlah TPS ditetapkan sebanyak 3.891 buah, tersebar di 424 desa/kel. di 42 kecamatan.

Jumlah pemilih paling banyak terdapat di Kec. Garutkota, mencapai 83.133 orang. Sedangkan jumlah pemilih paling sedikit ada di Kec. Mekarmukti, mencapai 10.270 orang.

Ditanya berapa jumlah pemilih yang cacat tubuh, Mlenik mengaku belum mengetahuinya. Namun ia menegaskan, KPU sudah menyiapkan alat bantu, termasuk formulir khusus untuk para pemilih yang cacat tubuh di setiap TPS. “Alat bantu ini terutama kita sediakan bagi mereka yang tunanetra,” ujarnya.