placeholder for flash movie
Sabtu, 25 Oktober 2014   English | Sunda
Assalamualaikum.. saya sdh terima surat balasan…
Assalamualaikum.. Min, pengumuman hasil seleksi berkas…
Ass wr.wb maaf sebelumnya, saya mau…
ass...pak saya mau tanya kenapa amplop…
SMS
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
Penghargaan
Sindikasi
rss2 berita
SOTK Bertambah, Anggaran Membengkak

Bila ajuan draf perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di lingkungan Pemkab Garut dari eksekutif disetujui DPRD Garut, sebanyak seribu jabatan baru yang harus diisi oleh pejabat eselon 4, 3, 2, dan fungsional. Hal ini berdampak pada peningkatan kebutuhan anggaran belanja pegawai yang mencapai Rp 3 miliar setiap tahunnya.

Plt. Sekda Garut, Budiman kepada wartawan di sela-sela menghadiri Hari Krida Pertanian di halaman Kantor KPSDM PKP Garut, Kamis (17/7) mengatakan, SOTK beserta peningkatan kebutuhan anggaran tersebut justru mencederai harapan masyarakat. Namun, ia tidak menegaskan tentang penghematan anggaran belanja pegawai.

“Ini merupakan konsekuensi dari pengembangan SOTK yang merupakan konsep penataan dan peningkatan kemampuan pelayanan birokrasi. Kebutuhan anggaran pemda nantinya tidak akan kurang dari sekitar Rp 3 miliar per tahun,” katanya.

Saat disinggung mengenai membengkaknya kelembagaan di lingkungan Pemkab Garut dengan perubahan SOTK baru tersebut, Budiman hanya menyebutkan, perubahan SOTK dilakukan berdasarkan penilaian dari jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah anggaran dalam APBD Garut, dan analisis bobot kerja.

Budiman tak menyebutkan jumlah dinas, lembaga teknis daerah maupun struktur organisasi setda yang terbentuk bila SOTK baru ditetapkan. Katanya, dalam SOTK baru itu kebanyakan institusinya bukan digabung, melainkan ditambah atau dipisah. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan dipisah menjadi Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan. Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan juga dipisah menjadi Dinas Perikanan Kelautan dan Dinas Peternakan.

Membahas

Sekretaris Komisi A DPRD Garut, Suryaman Anang S., Pansus SOTK hingga saat ini masih membahas kelembagaannya dan belum ke arah sumber daya manusia (SDM) yang akan mengisinya. Itu pun sebatas kriterianya dan tidak memasuki wilayah identitas pejabat.

“Kita tentu saja akan memberikan masukan ke Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat) tentang pejabat yang sudah memasuki pensiun dan sedang berurusan dengan proses hukum,” ujarnya.

Sekjen Garut Governance Watch (G2W), Agus Sugandhi menyatakan, sekalipun berdasarkan berbagai kajian SOTK Garut harus gemuk, namun untuk penetapannya harus juga mengacu pada efektivitas dalam pelaksanaan di lapangan. Apalagi hal itu berkaitan dengan adanya penambahan anggaran pegawai hingga di atas Rp 3 miliar dari dana APBD.

“Sekarang saja, alokasi anggaran dana APBD itu lebih besar untuk belanja kepentingan aparatur dibandingkan dengan kebutuhan belanja publik. Berarti dana APBD setiap tahunnya akan terus menjadi kepentingan aparatur. Sementara kepentingan masyarakat akan terus terabaikan. Kita meminta ke pansus, SOTK lebih baik Garut tetap tak mengalami perubahan,” ucapnya.

Navigasi
Angkutan Umum
ATM/Bank/Asuransi
Biro Jasa & Layanan Umum
Instansi Pemerintah
Jasa Wisata
Kantor Pelayanan
Keagamaan
Layanan Telematika
Organisasi Masyarakat
Perbelanjaan
Produsen Produk Khas
Sarana Kesehatan
Sarana Pendidikan
Web/Blog
October 2014
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Stats Situs
Tautan Pilihan
spacer