placeholder for flash movie
Sabtu, 25 Oktober 2014   English | Sunda
Assalamualaikum.. saya sdh terima surat balasan…
Assalamualaikum.. Min, pengumuman hasil seleksi berkas…
Ass wr.wb maaf sebelumnya, saya mau…
ass...pak saya mau tanya kenapa amplop…
SMS
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
Penghargaan
Sindikasi
rss2 berita
Sensus Penduduk 2010 di Kabupaten Garut Libakan 4.707 Petugas

Pada tahun ini BPS kembali melaksanakan kegiatan Sensus Penduduk 2010 (SP 2010), sebagai kegiatan yang sangat penting bagi perencanaan pembangunan, karena data yang diperoleh nantinya berupa data kependudukan dapat menggambarkan keadaan penduduk Indonesia hingga wilayah administrasi terkecil.

Sebagai gambaran, kegiatan sensus ini sensus ke-6, sebelumnya pernah dilaksanakan pada masa sebelum Indonesia merdeka oleh Pemerintah Hindia Belanda yaitu pada tahun 1930. Selanjutnya setelah Indonesia merdeka, telah dilakukan 5 kali sensus penduduk, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000. Sensus Penduduk ini mengacu pada UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Peraturan Pemerintah No 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, dan Rekomendasi PBB (United Nations).

Sensus Penduduk merupakan suatu rangkaian kegiatan pengambilan “stok” (stock taking) penduduk pada suatu titik waktu tertentu yang mencakup seluruh atau sebagian wilayah geografis suatu negara sejak tahapan persiapan sampai ke publisitas hasilnya. Titik waktu SP2010 adalah 31 Mei 2010 pukul 24.00. Tanggal ini disebut sebagai hari sensus (census date).
Pendataan Sensus Penduduk dilakukan secara door to door pada seluruh penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal dalam wilayah geografis Indonesia , baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang tidak bertempat tinggal tetap.

Metode pencacahan Sensus Penduduk 1971, 1980, dan 1990 mencakup pencacahan lengkap dan pencacahan sampel. Sedangkan Sensus Penduduk 2000 hanya dilakukan secara lengkap dengan mengumpulkan 15 variabel. demografi, sosial dan kegiatan ekonomi penduduk. Pada Sensus Penduduk 2010 pencacahan dilakukan secara lengkap dengan mengumpulkan variabel yang lebih banyak dibandingkan dengan SP2000 yaitu sebanyak 43 variabel.
Berbeda dengan Sensus Penduduk sebelumnya, untuk mencapai akurasi yang tinggi, pencacahan pada SP 2010 akan dilakukan secara tim. Setiap tim terdiri dari 1 orang Koordinator Tim dan 3 (tiga) orang pencacah, dimana setiap tim akan bertanggung jawab menyelesaikan 4-6 Blok Sensus (BS).

Di Kabupaten Garut sendiri, seperti dituturkan Kepala BPS Kabupaten Garut, Bambang Suyatno, pelakanaan SP2010 yang berlangsung mulai 1 hingga 31 Mei 2010, melibatkan 4.707 petugas, mulai dari petugas pencacahan langsung, koordinator tim, dan koordinator lapangan. Petugas akan mendatangi setiap tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan dengan menggunakan daftar pertanyaan (quesioner) tertentu. Petugas juga akan menempelkan stiker SP 2010 pada bangunan tempat tinggal sebagai tanda bahwa data tempat tinggal dan penghuninya telah dikumpulkan. Petugas sensus dilengkapi dengan surat tugas dan mengenakan tanda pengenal dengan logo SP 2010.

Tidak terkecuali, Bupati Garut selaku warga RT 3 RW 10 Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota dan Wakil Bupati Garut selaku warga RT 5 RW 6 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, beserta istrinya, mendapat 43 pertanyaan, mulai dari nama, usia, bahasa pengantar, kegiatan sehari-hari, bahkan mata dan pendengarannya pun tidak luput dari pertanyaan petugas. Suasanya terasa santai penuh canda.

Sri Apriani, petugas sensus, misalnya, saat melakukan pertanyaan pun sempat dibuat tersipu-sipu ketika menanyakan kegiatan bupati selama semingg terakhir, bupati Acen H.M. Fikri pun menjawab sambil guyon, “Saya jalan-jalan aja ke daerah, karena itu hobbi saya, bupati ‘kan hanya sampingan”, tuturnya, serentak semua yang hadir tertawa, termasuk Camat Garut Kota Nurdin Yana, yang tutu hadir pada keematan tersebut.

Lain halnya, Istri Wakil Bupati , Ny . Rani Permata Diky Candra, tidak yakin kalau suaminya tahu persisi tanggal kelahirannya, dan pertanyaan un meluncur dari Ny. Rani kepada suaminya, “Bapak yakin, tanggal lahir Bapak, soalnya hanya saya yan tahu tanggal kelahirannya”, ujarnya, dan Wakil Bupati pun hanya tersenyum simpul.

Bupati pada kesempatan ersebut mengharapkan agar hasil sensusu ini bias dijadikan pegangan untuk pembangunan yang akan dating, sembari menghimbau agar seluruh masyarakat dapat meluangkan kesempatan ini, dan memberikan jawaban yang sejujurnya, karena hal ini akan menjadi totlok ukur bagi kehidupan bangsa Indonesia umumnya, dan Kabupaten Garut khususnya.

Navigasi
Angkutan Umum
ATM/Bank/Asuransi
Biro Jasa & Layanan Umum
Instansi Pemerintah
Jasa Wisata
Kantor Pelayanan
Keagamaan
Layanan Telematika
Organisasi Masyarakat
Perbelanjaan
Produsen Produk Khas
Sarana Kesehatan
Sarana Pendidikan
Web/Blog
October 2014
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Stats Situs
Tautan Pilihan
spacer