Kagum Terhadap Keindahan Alam

Duta Wisata Seluruh Indonesia Kumpul di Garut
Potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut, mengundang decak kagum dari banyak kalangan, akan tetapi potensinya tidak terekspos secara maksimal. Datangnya Duta Wisata dari seluruh provinsi di Indonesia dimanfaatkan benar oleh pemerintah untuk mengenalkan potensi wisata yang ada.

Laporan : Ari Maulana Karang, Tarogong Kaler

Ruang pertemuan yang ada di lantai atas Jemanni Restoran, Minggu (18/4) malam dipenuhi oleh muda-mudi. Masing-masing menggunakan pakaian yang menampakan identitas daerah asalnya. Mereka adalah duta wisata dari seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Cantik dan gagah, itulah kesan pertama yang muncul saat melihat mojang dan jajaka istilah duta wisata di Jawa Barat itu hadir.  Momen inipun dimanfaatkan benar oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Bupati Garut Aceng HM Fikri dan wakilnya Dicky Chandra sengaja hadir. Kemudian, Dicky Chandra mempresentasikan potensi wisata. Dari mulai dodol garut, domba garut, potensi wisata pantai yang panjangnya mencapai 80 kilometer lebih dan potensi alam lainnya yang memang layak dijual sebagai objek wisata.

Bupati Garut Aceng HM Fikri sendiri di hadapan para duta wisata berharap, mereka dapat menyosialisasikan potensi wisata Kabupaten Garut kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. Menurutnya, besarnya potensi wisata Garut yang belum tergali karena kurangnya kreativitas. Padahal di daerah lain yang masyarakatnya kreatif, potensi wisata dapat tergali meski tidak sebesar Garut.

“Bentangan pantai di Garut cukup panjang, bahkan laut lepasnya berbatasan langsung dengan pulau Christmas Australia. Karena kurang kreativitas dalam mengemas potensi wisata maka hasilnya kurang maksimal,” jelasnya.
Keindahan alam Garut dan ramah tamah masyarakat Garut ternyata dinikmati benar oleh para duta wisata. Seperti diungkapkan oleh Lois Karoai (19) duta wisata dari Provinsi Papua. Dia benar-benar merasa kagum akan keindahan alam Kabupaten Garut. Lois yang mengaku tinggal di Jayapura, ibukota Provinsi Papua, menegaskan dirinya akan menyosialisasikan semua potensi wisata Garut kepada warga Papua kelak jika pulang ke Papua.