Disosialisasikan Pengalihan PBB dan Pekotaan, Royalti Meningkat

Disosialisasikan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi “Pajak Daerah”.

Digelar Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, pemateri dari unsur Komisi XI DPR, Dirjen Perimbangan Keuangan, Dirjen Pajak dan Keuangan Daerah, dengan key note speech Dirjen PK, berlangsung pada salah satu hotel di Cipanas.

Seputar filosofi pengalihan PBB-P2 sebagai pajak daerah, struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) serta teknis pemungutan PBB-P2.

Garut News juga melaporkan, pada 2011 terdapat peningkatan royalty dari eksploitasi geothermal (panasbumi) dari sekitar Rp12 miliar menjadi sekitar Rp32 miliar, karena terjadi pengurangan operasional, kata Kadis SDAP setempat, Ir Widyana, CES ketika gencar didesak pertanyaan, Kamis.

Mennyikapi terkesan biasnya pemanfaatan royalty setelah masuk APBD, Widyana hanya tersenyum kecut.

Sedangkan informasi sekilas Kamis, antara lain terdapat sekurangnya lima camat yang bermain bulu tangkis sejak pukul 14.00 WIB (jam kantor), di GOR Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul.