Tercebur ke Kawah Panas, 3 Pengunjung Telaga Bodas Garut Kritis

3 orang pengunjung kawasan obyek wisata kawah Talaga Bodas, Wanaraja Garut Jawa Barat, saat ini dalam kondisi kritis dan mendapat perawatan di Rumah Sakit TNI AD Guntur Garut, karena menderita luka bakar di seluruh tubuhnya seletah tercebur ke dalam kawah Talaga Bodas yang memiliki suhu sekitar 300 derajat celsius.

Ketiga korban, masing Akmal (3), Firdaus (40) dan Marju (60), warga Kampung Sunia, Kabupaten Cirebon Jawa Barat tersebut masuk kubangan kawah Talaga Bodas, Minggu (12/5/2013) sekitar pukul 15.00 WIB, ketiganya saat itu sedang berwisata di kawasan kawah Talaga Bodas.

Menurut Irham (30) adik ipar Firdaus, kejadian tersebut berawal saat Akmal bocah 3 tahun yang lepas dari pengawasan orang tuanya, tiba-tiba loncat ke dalam kawah yang mendidih, akibatnya Akmal menjerit-jerit, selanjutnya sang ayah Fidaus dan kakeknya Marju langsung melakukan pertolongan, namun karena kondisi kawah yang sangat panas ketiganya justru menggelapar kulit di sekujur tubuhnya terbakar, beruntung Fidaus dan Marju masih bisa berupaya menyelamatkan Akmal dan langsung ditolong warga serta anggota keluarga lainnya.

“Mungkin Akmal merasa tertarik melihat gelembung kawah, sehingga dia turun kedalam kubangan kawah, “ ujar Irham, Minggu (12/5/2013) kepada wartawan di RS TNI AD Guntur Garut.

Rombongan keluarga menggunakan 2 unit mini bus, langsung membawa ketiga korban ke rumah sakit terdekat. “Beruntung kami segera membawa ketiganya sehingga korban dapat segera ditangani, “ ungkap Irham.

Kata Irham, kondisi Akmal sangat kritis, hampir seluruh tubuhnya mengalami luka bakar, adapun Firdaus dan Marju mengalami luka bakar pada bagian tangan dan kakinya, saat berupaya menolong Akmal.

“Ini yang paling parah Akmal, hampir seluruh bagian tubuhnya mengalami luka bakar, mudah-mudahan dokter bisa menolongnya, “ Imbuh Irham.