Korem 062 Tarumanagara Gelar Latihan Penanggulangan Bencana di Garut

Tentara Nasional Indonesia (TNI), memang tidak melulu mendapat tugas untuk mempertahankan keamanan dan keutuhan negara dari ancaman.
TNI, juga bisa ditugaskan sebagai “barisan pelopor” untuk menanggulangi bencana alam yang kerap terjadi di berbagai daerah Indonesia.
Setidaknya, hal itu yang ingin ditunjukkan oleh pasukan Korem 062 Tarumanagara melalui latihan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, yang digelar sejak Rabu (25/9/2013) sampai Jumat (27/9) pekan ini.

“Latihan ini untuk menyiapkan seluruh anggota kami agar sigap dan mampu menanggulangi bencana alam. Latihan ini dilakukan di Garut, karena ini adalah wilayah rawan bencana nomor satu menurut BNPB,” kata Kasrem 062 Tarumanagara Letkol Inf Agoes Hari Soewanto, saat menjadi inspektur upacara pembukaan latihan tersebut, Rabu.
Ia menjelaskan, latihan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan anggota TNI untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian maupun pemerintah setempat dalam operasi penanggulangan bencana alam.
“Harapannya, mereka nantinya juga mampu mengambil keputusan dalam menghadapi bencana alam serta dampak yang ditimbulkannnya. Selain itu, kemampuan mereka mengaplikasikan rencana operasi, protap satuan, dan menerapkan komando guna menanggulangi bencana juga akan diasah,” tandasnya.
Dalam latihan kali ini, melibatkan sedikitnya 300 personel pelaku dan 100 personel pendukung. Peserta terdiri dari Dan/Kasatbalak jajaran Korem 062, ditambah unsur dari SAR, Tagana, PMI,BPBD Garut, organisasi masyarakat, dan masyarakat.