garut header
Senin, 23 Oktober 2017   English | Sunda
rss2
:: Menu Utama Sosial Budaya Kesejahteraan Sosial


Tingkat Kesejahteraan Masyarakat

Secara rinci keberadaan Keluarga Sejahtera digolongkan ke dalam lima tingkatan sebagai berikut

(1) Keluarga Pra Sejahtera (Pra KS), yaitu keluarga-keluarga yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasarnya (basic needs) secara minimal, seperti kebutuhan spiritual, pangan, sandang papan dan kesehatan.

(2) Keluarga Sejahtera I (KS I), yaitu keluarga-keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara minimal, tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan sosial psikologisnya (socio psychological needs), seperti kebutuhan pendidikan, KB, interaksi dalam keluarga, interaksi dengan lingkungan tempat tinggal, dan transportasi.

(3) Keluarga Sejahtera II (KS II), yaitu keluarga-keluarga yang disamping telah dapat memenuhi kebutuhan sosial-psikologisnya, tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan pengembangannya (developmental needs) seperti kebutuhan untuk menabung dan memperoleh informasi.

(4) Keluarga Sejahtera III (KS III), yaitu kelurga-keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasar, sosial-psikologis dan pengembangan keluarganya, tetapi belum dapat memberikan sumbangan yang teratur bagi masyarakat, seperti sumbangan materi, dan berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

(5) Keluarga Sejahtera III Plus (KS III Plus), yaitu keluarga-keluarga yang telah dapat memenuhi seluruh kebutuhan dasar, sosial psikologis dan pengembangan serta telah dapat memberikan sumbangan yang teratur dan berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

Menurut catatan Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Garut pada Tahun 2012 rekapitulasi jumlah KK berdasarkan strata kesejahteraan keluarga sebagai berikut :

Tabel Rekapitulasi Jumlah KK Berdasarkan Tingkat Kesejahteraan di
Kabupaten Garut Tahun 2012

Tingkat Kesejahteraan
Jumlah
Pra Sejahtera
183.375
KS I
181.925
KS II
165.625
KS III
84.423
KS III Plus
6.012
Total
651.676
Lihat Juga : Detail Jumlah KK berdasarkan Tingkat Kesejahteraan per Kecamatan Tahun 2009 (pdf, 21 kb)

Sumber : Badan Keluarga Berencana, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain