garut header
Kamis, 26 Mei 2016   English | Sunda
rss2
:: Menu Utama Sosial Budaya Politik
 
Penyelenggara Pemilu



Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut
       
Ketua
:   Hilwan Fanaqi, S.IP
Anggota
:   Reza Alwan Sovnidar, SH, MM
 
    Lia Juliasih, S.IP
 
    Djudju Nuzuluddin, M.MPd
 
    Ade Sudrajat
Sekretariat
     
Sekretariat KPU
:   Ayi Dudi Supriadi, S.IP, M.Si
Sub Bagian Program dan Data
:  
Endang, S.Sos
Sub Bagian Teknik Pemilu dan hupmas
:  
Parhan, SIP.
Sub Bagian Umum
:  
Dra. Lilis Aisyah, M.Si
Sub Bagian Hukum
:  
Dudung Dulkifli, SM.Hk.
 
     
Alamat Sekretariat
:   Jl. Suherman KM 147 Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut No.  Telp. (0262)238886
Nomor Faxsimili     0262 238886
Email
:   kpugrt@yahoo.com
 
 Dasar Pembentukan
:
  -UUD 1943 pasal 22E Ayat (5)

  -Kepres Nomor 70 Tahun 2001

  -Peraturan KPU No.21 Thn. 2008 tentang perubahan Peraturan KPU No.05 Th. 2008 Tentang Tata Kerja KPU, KPU Propinsi dan Kabupaten/Kota
 
 
  -Peraturan KPU No.22 Th.2008 tentang Perubahan Peraturan KPU No.06 Th.2008 Tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekjen KPU, Sekrwetariat KPU Provinsi dan Sekretyariat KPU  kabupaten/Kota
 
     
Dasar Pembentukan
:
  Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilu
       
Visi KPU :   Menjadi Penyelenggara Pemilihan Umum yang Mandiri, Professional, dan Berintegritas untukTerwujudnya Pemili yang Luber dan Jurdil
       
Misi KPU :   1. Membangun SDM yang Kompeten sebagai Upaya menciptakan penyelenggara pemilu yang profesional
      2. Menyusun Regulasi di bidang Pemilu yang memberikan kepastian hukum, progesif, dan partisipatif
      3. Meningkatkan Kualitas pelayanan Pemilu, Khususnya untuk para pemangku kepentingan dan umumnya untuk seluruh masyarakat
      4. Meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih melalui sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berkelanjutan;
      5. Memperkuat kedudukan Organisasi dalam Ketatanegaraan;
      6. Meningkatkan integritas penyelenggara Pemilu dengan memberikan pemahaman secara intensif dan komprehensif khususnya mengenai kode etik penyelenggara Pemilu;
      7. Mewujudkan Penyelenggara Pemilu yang efektif dan efisien,transparan,akuntabel, serta aksesable.
Garis besar Program dan Kegiatan
    1. Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya.
       Kegiatan :
      - Pelaksanaan akuntabilitas pengolaan administrasi keuangan dilingkungan setjen KPU
      - Fasilitasi Pengolahan Data , Dokumentasi , Pengadaan , Pendistribusian , Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Pemilu
      - Pelaksanaan Manajemen Perencanaan dan Data
      - Pembinaan SDM , Pelayanan dan Administrasi Kepegawaian
      - Penyelenggaraan Operasional dan Pemeliharaan Perkantor (KPU)
      - Pemeriksaan dilingkungan setjen KPU Sekretariat Provinsi dan Sekretariat Kabupaten/Kota
       
      2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur KPU.
       Kegiatan :
      - Penyelenggaraan Dukungan Sarana dan Prasarana
       
      3. Program Penguatan Kelembagaan Demokrasi dan Perbaikan Proses Politik.
       Kegiatan :
      - Penyiapan penyusunan Rancangan Peraturan KPU, Advokasi, Penyelesaian Sengketa dan Penyuluhan Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu;
      - Fasilitasi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilukada, Publikasi dan Sosialisasi serta Partisipasi Masyarakat dan PAW
 Tugas dan Wewenang KPU Kabupaten Garut     DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU ANGGOTA DPR, DPD, DPRD :
      - Menjabarkan program dan melaksanakan anggaran serta menetapkan jadwal di Kabupaten Garut;
      - Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Kabupaten Garut berdasarkan peraturan perundang-undangan;
      - Membentuk PPK, PPS, dan KPPS dalam wilayah kerja Kabupaten Garut
      - Mengoordinasikan dan Mengendalikan tahapan penyelenggaraan oleh PPK, PPS, dan KPPS dalam wilayah kerja  Kabupaten Garut
      - Menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Provinsi;
      Memuktakhirkan data pemilih berdasarkan data kependudukan yang di siapkan dan diserahkan oleh Pemerintah dengan Memperhatikan data pemilu dan/atau pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut terakhir dan menetapkannya sebagai daftar pemilih;
      - Menetapkan dan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitung suara Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Garut berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di PPK dengan membuat berita acara rekapitulasi suara dan sertifikat rekapitulasi suara;
      - Melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi di Kabupaten Garut berdasarkan berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara di PPK;
      - Membuat berita acara penghitungan suara dan sertifikat penghitungan suara serta wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Panwaslu Kabupaten Garut, dan KPU Provinsi;
      - Menerbitkan keputusan KPU Kabupaten Garut untuk mengesahkan hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Garut dan mengumumkannya;
      - Mengumumkan calon anggota DPRD Kabupaten Garut terpilih sesuai dengan alokasi jumlah kursi setiap daerah pemilihan di Kabupaten Garut dan membuat berita acaranya;
      - Menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh panwaslu Kabupaten Garut;
      - Mengenakan saksi administratif dan/atau menonaktifkan sementara anggota PPK , anggota PPS, sekretaris KPU Kabupaten Garut, dan pegawai sekretariat kabupaten Garut yang terbukti melakukan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan pemilu berdasarkan rekomendasi panwaslu Kabupaten Garut dan/atau Ketentuan peraturan Perundang-undangan;
      -Menyelenggarakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU kabupaten Garut kepada masyarakat;
      -Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan pemilu; dan
-Melakukan tugas dan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, dan/atau Peraturan Perundang-undang.
       
      DALAM  PENGGANTIAN ANTAR WAKTU ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT
      - Pemeriksaan dan penelitian Perolehan suara sah calon Pengganti Antar Waktu dalam lampiran model DB-1;
      - Pemeriksaan dan penelitian Peringkat perolehan suara calon Pengganti Antar Waktu dalam lampiran EB-3;
      - Pemeriksaan dan penelitian Daftar Calon Tetap (DCT) pada partai politik yang sama dan pada daerah pemilihan yang sama.
       
      TUGAS DAN WEWENANG KPU KABUPATEN GARUT DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN :
      - Menjabarkan program dan melaksanakan anggaran serta menetapkan jadwal di Kabupaten Garut;
      - Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan di Kabupaten Garut berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
      - Membentuk PPK, PPS dan KPPS dalam wilayah kerja Kabupaten Garut;
      - Mengoordinasikan dan mengendalikan tahapan penyelenggaraan oleh PPK, PPS dan KPPS dalam wilayah kerja Kabupaten Garut;
      - Memutakhirkan data pemilihan berdasarkan data kependudukan yang disiapkan dan diserahkan oleh Pemerintah dengan memperhatikan data Pemilu dan/atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut terakhir dan menetapkannya sebagai daftar pemilihan;
      - Menyampaikan daftar pemilihan kepada KPU Provinsi;
      - Melakukan Rekapitulasi hasil penghitungan suara  Pemilu Presiden di Kabupaten Garut berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di PPK dengan membuat berita acara penghitungan suara dan sertifikat hasil penghitungan suara;
      - Membuat berita acara pengitungan suara dan sertifikat penghitungan suara serta wajib menyerahkan kepada saksi peserta Pemilu, Panwaslu Kabupaten Garut, dan KPU Provinsi;
      - Menindaklanjuti dengan segera rekomendasi Panwaslu Kabupaten Garut atas temuan dan laporan adanya pelanggaran Pemilu;
      - Mengenakan saksi administratif dan/atau menonaktifkan sementara anggota PPK , anggota PPS, sekretaris KPU Kabupaten Garut, dan pegawai sekretariat KPU Kabupaten Garut yang terbukti melakukan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan Pemilu berdasarkan rekomendasi Panwaslu Kabupaten Garut dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan;
      - Melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU Kabupaten Garut kepada masyarakat;
      - Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu; dan
      - Melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, dan/atau undang-undang.
       
      TUGAS DAN WEWENANG KPU KABUPATEN GARUT DALAM PENYELENGGARAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI GARUT :
      - Merencanakan program, anggaran dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut;
      - Menyusun dan menetapkan tata kerja KPU Kabupaten Garut, PPK, PPS dan KPPS dalam Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut dengan memperhatikan pedoman dari KPU dan/atau KPU Provinsi;
      - Menyusun dan menetapkan pedoman teknis untuk setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut berdasarkan peraturan perundang-undangan;
      - Membentuk PPK, PPS dan KPPS dalam Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut dalam wilayah kerja Kabupaten Garut:
      - Mengoordinasikan, Menyelenggarakan, dan mengendalikan semua tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut berdasarkan peraturan perundang-undangan dengan memperhatikan pedoman dari KPU dan/atau KPU Provinsi;
      - Menerima daftar pemilih dari PPK dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut;
      - Memutakhirkan data pemilih berdasarkan data kependududkan yang disiapkan dan diserahkan oleh pemerintah dengan memperhatikan data Pemilu dan/atau Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut terakhir dan menetapkannya sebagai daftar pemilih;
      - Menerima daftar pemilih dari PPK dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dan menyampaikan kepada KPU Provinsi;
      - Menetapkan calon Bupati dan wakil Bupati Garut yang telah memenuhi persyaratan;
      - Menetapkan dan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh PPK di wilayah Kabupaten Garut;
      - Membuat berita acra penghitungan suara serta mebuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut, Panwaslu Kabupaten Garut, dan KPU Provinsi;
      - Menerbitkan keputusan KPU Kabupaten Garut untuk mengesahkan hasil Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut dan mengumumkannya;
      - Mengumumkan calon Bupati dan wakil Bupati Garut terpilih dan dibuat berita acaranya;
      - Melaporkan hasil Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut kepada KPU melalui KPU Provinsi;
      - Menindaklanjuti dengan segera rekomendasi Panwaslu Kabupaten Garut atas temuan dan laporan adanya dugaan pelanggaran Pemilihan;
      - Mengenakan sanksi administratif dan/atau menonaktifkan sementara anggota PPK, anggota PPS, Sekretaris KPU Kabupaten Garut dan pegawai sekretariat KPU Kabupaten Garut yang terbukti melakukan tindakan yang mengakibatkan tergganggunya tahapan penyelenggaraan Pemilihan berdasarkan rekomendasi Panwaslu Kabupaten Garut dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan;
      - Melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut dan/atau yang berkaitan dengan tugas KPU Kabupaten Garut kepada masyarakat;
      - Melaksanakan tugas dan wewenang yang berkaitan dengan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur berdasarkan peraturan perundang-undangan dan pedoman KPU, dan/atau KPU Provinsi;
      - Melakukan evaluasi dan membuat laporan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut;
      - Menyampaikan hasil pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut kepada DPRD Provinsi Jawa Barat Mendagri, Bupati Garut, dan DPRD Kabupaten Garut; dan
      - Melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diberikan berkaitan oleh KPU, KPU Provinsi dan/atau yang sesuai dengan perundang-undangan dan pedoman KPU, dan/atau KPU Provinsi.
Tugas Sekretariat KPU Kabupaten Garut
    - Membantu penyusunan program dan anggaran pemilu;
      - Memberikan dukungan teknis administratif;
      - Membantu pelaksanaan tugas KPU Kabupaten Garut dalam menyelenggarakan Pemilu;
      - Membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Pemilu Presiden dan wakil Presiden, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur;
      - Membantu Perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten Garut;
      - Memfasilitasi penyelesaian masalah dan sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut;
      - Membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertanngungjawaban KPU Kabupaten Garut; dan
      - Membantu pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
       
Wewenang Sekretariat KPU Kabupaten Garut 
    - Mengadakan dan mendistribusi perlengkapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Garut berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU;
      - Mengadakan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada poin nomor 1(satu) sesuai dengan peraturan perundang-undangan; dan 
      - Memberikan layanan administrasi, ketatausahaan, dan kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain