• Bahasa

142 Peserta Ikuti PeSOKab Garut Tahun 2022

15 Dec 2022 Hanapi 779

GARUT, Tarogong Kidul - Bertempat di Komplek Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (15/11/2022), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, Usep Basuki Eko, membuka resmi perhelatan Pekan Special Oliympics Kabupaten (PeSOKab) Garut Tahun 2022.

PeSOKab merupakan ajang olahraga multievent bagi atlet-atlet spesial yang berkebutuhan khusus. Tahun ini sendiri merupakan tahun perdana PeSOKab dilaksanakan di Kabupaten Garut, dan diikuti oleh 142 peserta dari 18 Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kabupaten Garut.



Kadispora Garut, Usep Basuki Eko, menyambut dengan gembira pelaksanaan PeSOKab di Kabupaten Garut ini, karena ia menilai jika olahraga itu tidak hanya dimiliki oleh bagian masyarakat tertentu saja.

"Tentu saja kita sangat bergembira sekali, karena memang olahraga itu tidak dimiliki oleh bagian masyarakat tertentu, tapi olahraga itu untuk semua, termasuk untuk anak-anak kita yang tergabung di SOIna (Special Olympic Indonesia) ini, mereka butuh kasih sayang untuk kegembiraan, juga butuh sehat dan bugar. Nah ini diselenggarakanlah kegiatan olahraga disini (melalui PeSOKab)," ujar Eko ketika diwawancara seusai melaksanakan acara pembukaan PeSOKab Garut Tahun 2022.



Ia berharap melalui PeSOKab ini akan lahir atlet-atlet SOIna berprestasi, baik di tingkat regional, nasional, hingga ke internasional. Apalagi, imbuh Eko, atlet dari SOIna ini ada yang sudah berprestasi di tingkat nasional.

"Makanya bukti penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Garut juga insya Allah kalau jadwal tidak berubah hari Senin atlet-atlet yang berprestasi itu  baik dari KONI, dari NPCI, dari KORMI, juga dari SOIna, itu akan diberikan penghargaan dari Pak Bupati," ucapnya.

Eko berpesan kepada para atlet yang bertanding dalam event PeSOKab harus bergembira sembari melaksanakan olahraga, karena menurutnya dari kegiatan ini tidak hanya mencari lawan saja melainkan juga menjadi ajang untuk mencari kawan.

"Nah ini dipesankan juga mereka untuk meningkatkan prestasi dengan menunjukkan kemampuan terbaik mereka disini selama latihan, nah ini untuk merangsang mereka tadi untuk aktif berolahraga, karena berolahraga mereka butuh kegembiraan, jadi jangan sampai mereka berdiam diri tidak ada teman, tapi dengan kegiatan-kegiatan ini tentu mereka akan bisa bersama-sama dengan rekan-rekannya yang lainnya, nah ini akan menambah proses kesehatan mereka," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua SOIna Pengurus Cabang (Pengcab) Garut, Tati Narwati, menuturkan  jika dalam pelaksanaan PeSOKab yang pertama ini, ada 7 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan yakni atletik, bola basket, bulu tangkis, futsal, tenis meja, seni tari hingga bocce.



Bocce sendiri merupakan olahraga yang pelaksanaannya menggabungkan antara bowling dan biliar, di mana olahraga ini awalnya diperuntukkan bagi anak tunagrahita.

"Yang diharapkan ya, untuk diadakannya PeSOKab Kabupaten Garut itu untuk mencetak lagi atlet-atlet istimewa ini untuk lebih maju lagi, untuk lebih mempersiapkan ke tingkat PeSODa, PeSONas, atau tingkat internasional. Nah ini untuk pembibitan yang sekarang dilakukan itu, nantinya untuk dibina untuk mempersiapkan ke tingkat yang lebih lanjut," tutur Tati.



Di tempat yang sama, Kepala SLB YGP Limbangan, Mulyana Jaya, mengatakan jika pihaknya dalam PeSOKab Tahun 2022 ini mengirimkan 14 atlet dan mengikuti semua cabor yang ada.

Dalam kesempatan ini, Mulyana mengucapkan terima kasih kepada panitia atas pelaksanaan PeSOKab Tahun 2022 ini, dan ia berharap PeSOKab ini bisa terus berkelanjutan.

"Kalau pesertanya 14 atlet tapi kami Alhamdulillah pada hari ini (membawa) 4 mobil sekitar 60 siswa, guru, dan orang tua hadir di (PeSOKab) ini, ini bukti kami antusias mengikuti (dan) memeriahkan dalam program Pesokab Kabupaten Garut," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT