• Bahasa

Bimtek Tahap Kedua Di Garut Tegaskan Komitmen Pembangunan Smart City

8 Aug 2023 Hanapi 490

GARUT, Tarogong Kidul - Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap II Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Garut Tahun 2023 hari kedua sukses dilaksanakan. Pelaksanaan bimtek ini berlangsung di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Raya Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (8/8/2023).

Sekretaris Pelaksana Smart City, juga selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Margiyanto, menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek telah berjalan dengan lancar dan baik. Meskipun begitu, Margiyanto menekankan perlunya evaluasi untuk tahap ketiga agar lebih optimal. Keberhasilan Bimtek ini masih menunggu beberapa dokumen yang akan dilengkapi oleh tim ahli sebagai bahan evaluasi.

"Agar lebih baik lagi dan kita berharap seluruh anggota tim pelaksana Smart City bisa hadir dalam kesempatan bimtek tahap 3 nanti Insha Allah yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 September 2023," ucapnya.



Untuk Bimtek tahap ketiga, kata Margiyanto, direncanakan akan dilakukan penguatan atas apa yang telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya dan melibatkan pihak eksternal pemerintah.

"Bimtek tahap dua ini saya harapkan kita dapat melengkapi apa yang sudah kita susun di Bimtek tahap satu, terkait dengan rencana aksi terutama yang khususnya terkait dengan rencana aksi dalam rangka pelaksanaan penyiapan dokumen Smart City," ujarnya.



Sementara itu, materi yang disampaikan dalam Bimtek tahap kedua oleh Tenaga Ahli Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Harya Widiputra, berkaitan dengan penyusunan peta jalan, rencana aksi, dan pemilihan program inovasi unggulan atau quick win smart city di Kabupaten Garut.

Harya menilai, Partisipasi dan antusiasme peserta Bimtek cukup baik, dengan inovasi dan rencana pengembangan yang sudah dirumuskan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Garut. Diharapkan, kegiatan Bimtek ini akan memberikan gambaran dan ide untuk mengembangkan inovasi dan mempercepat pembangunan dan implementasi smart city di Garut.



Ia memaparkan, bahwa hasil dari bimtek kedua ini adalah tersusunnya draft peta jalan dan rencana aksi dari pengembangan inovasi untuk pembangunan smart city di Kabupaten Garut pada 6 dimensi smart city yang sudah dirumuskan oleh tiap-tiap OPD.

"Tentunya dengan adanya bimtek kedua ini bisa memberikan gambaran dan juga memberikan ide kepada OPD-OPD khususnya yang ada di Kabupaten Garut untuk bisa mengembangkan terus inovasi-inovasi yang sudah ada sehingga bisa mempercepat pembangunan dan implementasi smart city di Garut ini," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT