• Bahasa

Diskanak Kabupaten Garut Pastikan Stok Hewan Kurban Tahun Ini Tercukupi

23 May 2023 Hanapi 586

GARUT, Tarogong Kidul - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut memastikan  stok hewan kurban untuk Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kabupaten Garut aman dan akan tercukupi.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Kadiskanak Garut, Sofyan Yani, dalam keterangannya seusai acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (Juleha) di Aula Diskanak Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (23/05/2023).

Sofyan menyebutkan, tahun kemarin ternak sapi itu di sekitar 2.700 sampai 3.000 ekor terpenuhi, karena  juga dipasok oleh ternak dari luar yang sudah dipastikan aman dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta Penyakit Lumpy Skin Disesase (LSD) yang sudah bisa diatasi. Penyakit LSD sendiri disebabkan oleh virus dari family Poxviridae yang menyerang ternak ruminansia (sapi dan kerbau).



"Keterkaitan stok itu insya Allah tercukupi, kami dipasok dari luar Garut ya dari Jawa Timur, Jawa Tengah, tapi dipastikan bahwa itu harus bebas PMK," ujar Kadiskanak.

Selain itu, imbuh Sofyan, dalam waktu dekat juga pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, untuk memastikan apakah hewan tersebut memenuhi syarat atau tidak dari segi kesehatannya.

"Kami lakukan ke titik-titik, ke bandar-bandar, ke pasar-pasar dilakukan (pemeriksaan), atau ke DKM-DKM yang akan melakukan penyembelihan kami lakukan pemeriksaan secara maraton," imbuhnya.



Berkaitan dengan PMK yang tahun lalu merebak menjelang Iduladha, Sofyan mengungkapkan jika penyakit tersebut di Kabupaten Garut belum 100% hilang, akan tetapi sudah terkendali. Terlebih, pihaknya sudah menyiapkan petugas, melakukan vaksinasi, hingga pengobatan, pencegahan, dan sebagainya.

Meski demikian, ia mengimbau kepada masyarakat jika merasa ragu dengan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong, bisa menghubungi petugas yang ada di Diskanak Garut. Pihaknya menyiapkan 8 dokter hewan yang selalu standby melayani masyarakat, untuk memberikan edukasi tentang kesiapan hewan ternak.



"Kalau-kalau memang mereka merasa ragu, cepat menghubungi petugas kami, apakah ini hewan itu sehat atau nggak seperti itu ya, pastikan ke petugas aja ya kalau ragu," katanya.

Ia berharap pelaksanaan ibadah kurban tahun ini bisa berjalan lancar, ketersediaan hewannya terpenuhi, hingga ternak berkualitas bagus.

"Dan masyarakat juga diharapkan nyamanlah untuk mengkonsumsi (hewan kurban) karena itu tugas kami, dan tadi juga hasil sembelihannya yang halal, harapan kami begitu lah, itu mungkin kepuasan kami," pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT