• Bahasa

Diskannak Garut Gencarkan Program Gemarikan

11 Dec 2023 Hanapi 359

GARUT, Cilawu - Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Garut Tahun 2022 sebesar 30,77 kg/kapita/tahun, naik dibanding AKI Tahun 2021 sebesar 28,86 kg/kapita/tahun. Meski demikian angka tersebut masih dibawah angka rata-rata Jawa Barat sebesar 40,76 kg/kapita/tahun. Sedangkan AKI nasional hingga Okt 2023 mencapai 56,48 kg/kapita yang ditargetkan 60 kg/kap.

Guna meng-upgrade angka konsumsi ikan tersebut, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut terus menggalakkan Program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Pada Sabtu (9/12/2023), sekitar 96 siswa di SDN Mangkurakyat 7, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, antusias mengikuti sosialisasi program ini. Dalam kesempatan ini pula  dibagikan pula 200 paket kudapan olahan ikan.



Gemarikan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas

Kepala Diskannak Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, menekankan urgensi program ini dalam mendukung penanganan stunting di Kabupaten Garut. Dalam keterangannya, ia menyatakan bahwa ikan, sebagai sumber protein yang terjangkau, dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizinya.



"Mudah-mudahan ini bisa multiplier effect, satu bisa memasyarakatkan terkait dengan makan ikan untuk anak-anak sekolah SD terutama ya, karena ini nanti berhubungan dengan stunting, tidak boleh terjadi lagi nanti anak-anak kita mengalami stunting, sehingga kekurangan protein yang berasal dari protein hewani," ujar Beni.

Sosialisasi Gemarikan kepada siswa SD dijadwalkan untuk terus berlanjut. Beni berharap agar tahun depan lokasi sosialisasi dapat melibatkan lebih banyak sekolah lagi di Kabupaten Garut. Langkah ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan positif dalam pola makan anak-anak.



"Kami akan terus mengampanyekan gerakan makan ikan ini secara besar-besaran. Harapannya, anak-anak di Kabupaten Garut dapat secara bertahap mengembangkan kegemaran dalam mengonsumsi ikan," tambahnya.

Beni juga memproyeksikan bahwa melalui Gemarikan, anak-anak di Kabupaten Garut dapat terhindar dari stunting. Dengan memenuhi kebutuhan protein hewani melalui konsumsi ikan, diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di Kabupaten Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT