• Bahasa

Diskominfo Garut Prioritaskan Pembangunan Ekosistem Digital Di Tahun 2024

4 Mar 2023 Hanapi 601

GARUT, Garut Kota – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Command Center, Komplek Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum’at (3/3/2023).

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPPD) Kabupaten Garut, Suherman, menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya Forum RKPD yang diselenggarakan oleh Diskominfo Garut. Forum ini, sebut Suherman, merupakan tindak lanjut dari musyawaran rencana pembangunan (musrenbang) tingkat desa dan kecamatan.

“Dan ini adalah penting, sehingga seluruh jajaran dalam melaksanakan tugas dan program kegiataanya jelas, sesuai dengan arahan dan kebijakan yang sudah termuat di dalam RPJMD, termasuk merupakan kegiatan yang betul-betul menuju sasaran yang maksimal, artinya apa janji-janji politik Pak Bupati-Pak Wakil Bupati sampai dengan akhir masa jabatan yang belum terselesaikan,” ucap Suherman.

Ia mengungkapkan, rencana kerja ini nantinya akan dilaksanakan oleh periode pejabat yang akan datang, mengingat Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman akan selesai masa jabatan pada Februari 2024.


“Pasti setelah dari sini kita akan musrenbang tingkat kabupaten, dan nanti masing-masing SKPD akan memberikan penjelasan, dan nanti seluruh SKPD lain akan memberikan tanggapan dan masukan untuk terlaksananya kegiatan yang direncanakan di tahun 2024,” ujarnya.

Ia berharap, apa yang direncanakan dalam forum RKPD ini dapat mampu memberikan solusi, terutama pada peningkatan ekonomi masyarakat, penekanan kasus stunting, dan bagaimana agar kesehatan masyarakat dapat betul-betul terlayani.



“Sehingga tiga target itulah yang betul-betul direncanakan di 2024 itu betul-betul ekonomi masyarakat bisa berkembang dengan baik, sehingga diperlukan upaya dan usaha seluruh stakeholder daripada SKPD untuk mengerjakan kegiatan ke arah tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Garut, Muksin, menjelaskan, pembahasan dalam forum kali ini adalah terkait dengan program prioritas yang sesuai dengan rencana kerja pihaknya di tahun 2024, yang melibatkan beberapa stakeholder dari kecamatan, pemangku kepentingan, dan mitra Diskominfo Garut.

“Jadi tujuannya adalah bagaimana kita mensinkronisasikan ataupun menyerap (atau) penajaman rencana kita terutama usulan-usulan yang sudah masuk dari kecamatan maupun dari berbagai stakeholder terkait pembangunan yang dilaksanakan ataupun yang akan dilaksanakan oleh Diskominfo,” ucap Muksin.

Ia menuturkan, bahwa ouput yang ingin dihasilkan adalah bagaimana perencanaan di tahun 2024 dapat fokus pada prioritas utama yang menyentuh kebutuhan masyarakat, khususnya pembangunan ekosistem digital di Kabupaten Garut.


“Ya sebetulnya Kabupaten Garut ini kan dalam rangka menunjang ekosistem digital terutama, jadi kita masih memprioritaskan terkait dengan pembangunan ekosistem digital (seperti) infrastruktur, agar masyarakat di seluruh Kabupaten Garut ini dapat mengakses ataupun memiliki akses terhadap telekomunikasi," ucapnya.

Sedangkan hal lain yang menjadi prioritasnya adalah menyiapkan terkait dengan literasi digital, serta penguatan sistem informasi untuk layanan publik.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT