• Bahasa

Forum Komunikasi Remaja Desa Sukamukti Gelar Pelatihan Bijak Bersosial Media

22 Mar 2022 Hanapi 1099

GARUT, Banyuresmi - Sebanyak 15 remaja yang tergabung dalam Forum Komunikasi Remaja Desa Sukamukti mengikuti Pelatihan Bijak Bersosial Media yang dilaksanakannya di Sanggar Desa Karyasari, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (19/3/2022).

Acara ini merupakan kelanjutan acara dari kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut dengan Yayasan Sekretariat Masyarakat Anak (SEMAK), yang sebelumnya dihadiri oleh Forum Komunikasi Remaja Desa Karyasari, Jum'at (18/3/2022).

Dalam pelatihan kali ini, Sub Koordinator (Subkor) Kemitraan Informasi Publik, Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yanyan Agus Supianto menyampaikan materi terkait bijak bersosial media di hadapan para peserta.



Salah satu peserta pelatihan, Siti Zaenab (20) mengatakan, acara pelatihan ini sangat penting bagi para remaja, mengingat pada saat ini sangat banyak penyimpangan yang terjadi di media sosial salah satunya yaitu adanya cyber bullying.

"Karena adanya kegiatan ini, anak-anak akan lebih membatasi mengenai cyber bullying tersebut atau menggunakan media sosial dengan baik," kata Siti.

Siti menambahkan, dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan materi terkait perkembangan sosial media sampai dengan sikap bijak dalam bersosial media.

"Sebelumnya ada kaya sejarah tentang internet, terus seperti dalam bersosmed itu harus menggunakan sopan santun, terus ada juga cara menangkal berita berita hoax juga gitu," lanjutnya.



Ia berharap, para peserta yang mengikuti acara ini dapat juga menyebarluaskan materi serta ilmu yang telah didapatkan melalui pelatihan bijak dalam bersosial media ini.

"Terus bisa menggunakan sosmed dengan baik, bijak dalam bersosmed terus mengembangkan semua kemampuan yang berenergi positif agar apa yang kita sampaikan disosmed itu merupakan hal yang bermanfaat bagi siapapun yang melihatnya gitu," ungkapnya.

Selain itu, Mega Mariah (22), juga sebagai peserta pelatihan, mengatakan acara seperti ini sangat bermanfaat bagi para remaja, agar dapat menggunakan sosial media dengan lebih bijak.



"Ya betul media sosial itu bukan hanya untuk sharing-sharing saja tetapi mengenai ilmu-ilmu yang belum diketahui bisa diketahui dalam bersosial media," tandasnya.

Subkor) Kemitraan Informasi Publik, Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yanyan Agus Supianto, mengapresiasi gagasa para remaja ini, seraya berharap kegiatan positif ini perlu disokong dan ditumbuhkembangkan guna melahirkan generasi yang santun dalam kehidupan di era digital.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT