• Bahasa

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Ajak Semua Pihak Luangkan Satu Hari Lakukan Latihan Kesiapsiagaan

26 Apr 2023 Hanapi 486

GARUT, Tarogong Kidul - Tanggal 26 April 2023 jatuh pada hari ini. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana. (HKB). Dipilih tanggal 26 April karena bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana yang jatuh pada 26 April 2017.

Dalam rangka itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut akan melaksanakan sosialisasi mitigasi bencana dengan melibatkan semua komponen.

"Sekarang kan kebencanaan tidak hanya (tanggung jawab) milik pemerintah, tapi semua lah, ketika ada kebencanaan partisipasi masyarakat juga bergerak lah, (atau) pentahelix," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi, saat ditemui di kantornya yang berlokasi di Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (26/4/2023).
Satria.

Satria Budi, menyampaikan berdasarkan Surat Edaran terkait Hari Kesiapsiagaan dari BNPB dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, pelaksanaan HKB dilaksanakan oleh seluruh daerah yang diperingati setiap tanggal 26 April, dengan ditandai sirine atau kentungan teuat pada pukul 10.00 pagi.

"Ya mungkin kentungan mah (hanya) simbol, lebih memasyarakat, dan lebih mudah masyarakat mengingat (kesiapsiagaan bencana dengan kentungan)," tandasnya.



Satria Budi mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat terkait langkah-langkah mitigasi. Ia berharap, di tahun ini tidak akan ada hal-hal yang tidak diharapkan.

"Kan ada beberapa siklus ketika belum terjadi bencana, setelah ada bencana ya, siklus itu mungkin kita laksanakan, kalau terjadi bencana nanti dimitigasi," tuturnya.

Satria menambahkan, bahwa ancaman bencana di Kabupaten Garut pada semester pertama adalah bencana longsor, karena intensitas hujan yang cukup tinggi.

"Semogalah tidak ada hal-hal yang diharapkan, contohnya kemarin yang paling dikhawatirkan yang di jalan provinsi yang di Talegong, tapi Alhamdulilah sudah clear berkat komunikasi, koordinasi dengan bidang Bina Marga Provinsi," ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa, berdasarkan kajian risiko bencana, Kabupaten Garut memiliki hampir lengkap semu ancaman  bencana, diantaranya laut dan gunung berapi, sehingga semua komponen harus memiliki pengetahua. Dan kecakapan dalam menghadapi bencana.

Sedangkan tujuan dari hari Kesiapsiagaan Bencana hari ini adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April. Selain itu diharapkan bisa meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT