• Bahasa

Inspektorat Garut Imbau Masyarakat Untuk Berhati-hati Terkait Penipuan Permintaan THR Dari Pejabat Pemda

15 Apr 2023 Hanapi 478

GARUT, Tarogong Kidul - Belakangan ini kasus penipuan yang mencatut nama-nama penjabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut cukup marak terjadi, seperti mengatasnamakan Bupati Garut, Rudy Gunawan, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Sekretaris Daerah, Nurdin Yana, hingga Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Toni Tisna Somantri, tak luput dicatut oleh pihak tak bertanggungjawab dalam modus penipuan melalui pesan singkat Whatsapp.

Apalagi, di momen mendekati idulfitri ini, ada segelintir orang tak bertanggungjawab yang mencatut nama-nama pejabat tadi, dengan dalih permintaan Tunjangan Hari Raya (THR), di mana hal tersebut tentunya mencoreng nama baik pejabat yang dicatut namanya oleh pihak yang tak bertanggungjawab tadi.

Oleh karena itu, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Garut, Dadang Herawan Sugiharto, mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya, jika ada pesan singkat Whatsapp yang mengatasnamakan pejabat Pemda Garut dan meminta sejumlah bantuan melalui pesan singkat tadi. Terlebih, imbuhnya, pihaknya menemukan sebuah kasus dengan modus penipu tersebut meminta THR kepada beberapa pihak seperti kepala desa dan lembaga-lembaga lainnya.

"Nah ini untuk tidak dipercaya karena beberapa kasus yang kami jajaki dan yang kami teliti ternyata itu penipuan-penipuan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Menghadapi fenomena maraknya penipuan ini, lanjut Dadang, masyarakat diharapkan selalu check and recheck kebenaran dari informasi yang diterima, khususnya pesan dari orang asing yang berkaitan dengan permintaan uang, barang, atau informasi-informasi maupun data-data yang berharga.

Ia mengungkapkan jika ada masyarakat yang mendapatkan pesan diduga berisi penipuan tadi, bisa langsung melaporkan hal tersebut kepada aparat penegak hukum yang ada di Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT