• Bahasa

Kabupaten Garut Mulai Tahap Ketiga Penyusunan Masterplan Smart City Tahun 2023

11 Sep 2023 Hanapi 572

GARUT, Tarogong Kidul - Pemerintah Kabupaten Garut telah resmi memulai tahap ketiga Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Senin (11/9/2023).

Dalam keteranganya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut, Margiyanto, menyatakan bahwa tahap bimtek ini akan membahas peta jalan dan quick win untuk program unggulan Pemerintah Kabupaten Garut yang akan diintegrasikan ke dalam masterplan smart city.

"Untuk bimtek tahap 3 ini merupakan bimtek yang akan membahas peta jalan sekaligus quick win untuk program unggulan atau inovasi yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut dan itu akan disusun di dalam masterplan kita," ujarnya.



Margiyanto juga menekankan pentingnya keberlangsungan bimtek tahap ketiga ini dalam konteks penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan RPJP yang akan segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Ia berharap, pelaksanaan bimtek tahap 3 ini dapat berjalan lebih baik dari bimtek yang diselenggarakan sebelumnya, mengingat bimtek kali ini sangat krusial bagi Pemkab Garut.

"Karena ini sangat krusial bagi Pemerintah Kabupaten Garut terutama dalam kerangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan RPJP yang akan segara kita laksanakan," ujarnya.



Narasumber dari Tenaga Ahli Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Harya Widiputra, menegaskan bahwa fokus bimbingan teknis kali ini adalah perumusan inovasi dan rencana aksi jangka panjang pada rentang waktu tahun 2029-2033 untuk mewujudkan smart city di Kabupaten Garut. Selain itu, pihaknya berencana menetapkan 6 quick win atau inovasi unggulan dari Pemkab Garut untuk mencapai target smart city di tahun 2024.

"Dan juga nantinya kita akan merumuskan atau menetapkan 6 quick win atau inovasi unggulan dari Pemkab Garut untuk mewujudkan smart city Garut di tahun 2024," ungkapnya.



Widiputra juga menargetkan seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tim Pelaksana Smart City untuk dapat merumuskan inovasi jangka panjang dan menetapkan inovasi terbaik dari 6 dimensi pembangunan smart city, yaitu smart government, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT