• Bahasa

Kafilah Kecamatan Malangbong Tempuh Jarak 134 KM Untuk Ikuti MTQ XLIV Di Talegong

5 Jul 2023 Hanapi 415

GARUT, Talegong - Perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 resmi digelar di Kecamatan Talegong, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, Senin (03/07/2023).

Meski lokasi MTQ berada di kecamatan terluar dan terjauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Garut, antusias para kafilah dari berbagai kecamatan untuk mengikuti ajang 2 tahunan ini tetap tinggi.

Hal ini, dibuktikan dengan hadirnya 4 ribu orang lebih dalam kegiatan Pawai Ta'aruf MTQ di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut yang disaksikan secara langsung oleh Bupati Garut.



Antusiasme ini juga dibuktikan dengan kehadiran para kafilah dari kecamatan yang berada di ujung utara Kabupaten Garut yakni Kafilah Kecamatan Malangbong.

Bahkan, menurut keterangan dari Sekretaris Kecamatan Malangbong, juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kecamatan Malangbong, Deden Munawar, jika perjalanan dari ujung Garut bagian utara ke ujung Garut bagian selatan atau Kecamatan Malangbong menempuh jarak sekitar 134 Kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 8 jam.

"Ini kaitan dengan Kecamatan Malangbong yang dengan perjalanan dan perjuangan yang cukup panjang, di mana Malangbong sampai ke sini itu kurang lebih 134 kilometer, ini pada waktu kemarin itu karena mungkin acaranya (di) long weekend ya, jadi dari Malangbong sampai ke sini macet terus, dengan perjalanan kurang lebih 8 jam," ujar Deden ketika diwawancara seusai Pembukaan MTQ XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Senin (03/07/2023).



Meski harus menempuh perjalanan cukup jauh, imbuh Deden, Kecamatan Malangbong tetap mengirimkan kekuatan terbaik dalam perhelatan MTQ tahun ini, diantaranya yaitu menerjunkan 74 orang untuk mengikuti Pawai Ta'aruf dan 14 orang kafilah untuk mengikuti 4 cabang dalam MTQ ke-44 ini.

"Jadi kita persiapkan peserta sebaik mungkin ya, kemudian persiapan juga kaitan dengan koordinasi dengan seluruh pihak untuk mendukung kaitan dengan suksesi MTQ khususnya (yang dilaksanakan) di Kecamatan Malangbong," ucapnya.

Tak lupa, Deden juga berterimakasih atas sambutan Kecamatan Talegong yang luar biasa, walaupun dengan persiapan dari awal sampai akhir dihadapkan dengan persiapan yang cukup berat, tapi ia menilai acara pembukaan MTQ khususnya pawai ta'aruf MTQ berlangsung dengan meriah.



Ia memaparkan jika dari 14 peserta yang mengikuti MTQ kali ini, pihaknya menargetkan 8 diantaranya bisa keluar sebagai juara, sehingga diharapkan Kecamatan Malangbong bisa masuk dalam 5 besar pada perhelatan MTQ yang dilaksanakan di Kecamatan Talegong ini.

Dalam perhelatan MTQ XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 ini sendiri, ada 10 cabang dengan 23 golongan yang dilombakan. Adapun 10 cabang lombanya yaitu tilawah, qiraah sab'ah, murrotal quran, cacat netra/tuna netra, tahfidz, syarhil quran, fahmil quran, khot/kaligrafi, Musabaqoh Menulis Kandungan Al-Quran (M2KQ), dan Tafsir dengan peserta lomba sebanyak 844 orang yang berasal dari 42 kecamatan se-Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT