• Bahasa

Bupati Garut Instruksikan BPBD Lakukan Langkah Cepat Dalam Penanganan Bencana

8 Nov 2021 Hanapi 567

GARUT, Tarogong Kidul - Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyatakan dirinya sudah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, untuk melakukan langkah-langkah cepat dalam penangan bencana di Kabupaten Garut.

Hal itu ia sampaikan di hadapan pimpinam dan anggota DPRD dalam kesempatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut Masa Sidang III Tahun 2021 dalam rangka Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Garut Tahun 2022 dan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Garut Tahun 2021 dengan Pokok Acara Jawaban Bupati Garut, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (8/11/2021).



Bupati Rudy juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menerima catatan-catatan mengenai kebencanaan hidrometelogi yang kemungkinan terjadi di daerahnya, seperti adanya fenomena La Nina di mana muncul fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin puting beliung, serta angin kencang.

Bahkan, Rudy menuturkan, pihaknya telah mendapatkan peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca yang tiba-tiba menjadi hujan deras.

"Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, atau BMKG menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat Garut supaya hati-hati dengan cuaca yang mungkin tiba-tiba menjadi hujan yang sangat deras," katanya.



Sementara itu, berkaitan dengan beberapa bencana yang terjadi belakangan ini di Kabupaten Garut. Bupati Garut menuturkan bahwa pihaknya sudah menetapkan beberapa deerah sebagai daerah tanggap darurat bencana.

"Kita sedang melakukan rekonstruksi dan sudah ditetapkan tanggap darurat untuk kebencanaan yang ada di Kecamatan Sukaresmi, di kecamatan Cilawu, di kecamatan Banjarwangi, Kecamatan Cisompet, kecamatan Pameungpeuk dan juga ada di kecamatan Cikelet dan sedikit ada bencana di kecamatan Cisewu dan di Talegong. Tentu bencana ini masih berskala kecil, dan terbesar adalah di kecamatan Sukaresmi." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT