• Bahasa

Wabup Garut Apresiasi Penanaman Pohon Yang Digagas Kodim 0611/Garut

10 Nov 2021 Hanapi 436

GARUT, Blubur Limbangan - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri acara Pembinaan Lingkungan Hidup yang digagas Kodim 0611/Garut dengan agenda penanaman pohon, di Desa Ciwangi, Kecamatan Blubur Limbangan, Kabupaten Garut, Rabu (10/11/2021).

Wabup Garut dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini bertujuan dalam rangka ketahanan nasional. Menurutnya, ketahanan memang harus komprehensif termasuk di dalamnya tentang lingkungan hidup.

"Karena ketika kita bicarakan ketahanan memang harus komprehensif termasuk di dalamnya bicara kita lingkungan hidup. Jadi hal-hal yang bisa mendorong ketahanan itu memang menjadi garapan daripada Kodim 0611, termasuk penghijauan," ujar Wabup Garut.



Ia menuturkan, penghijauan ini memiliki banyak sekali manfaat, bukan hanya untuk pencegahan bencana seperti longsor dan banjir. Namun, penghijauan ini memiliki manfaat lain salah satunya yaitu mampu menghasilkan komoditas yang nantinya bisa dipanen oleh masyarakat.

"Suatu saat bisa menghasilkan (misalnya) dengan aren nanti bisa menghasilkan gula aren, menghasilkan caruluk, menghasilkan sapu, apalagi? Sapu nyere, sapu injuk, ya. Jadi memang manfaat besar dari penghijauan itu luar biasa. Belum lagi oksigennya, oksigennya itu satu pohon bisa menghidupi berapa orang, belum lagi air yang disimpan didalam tanah," tutur Wabup Garut.



Meski begitu, ia juga berpesan kepada masyarakat sekitar untuk memperhatikan dan memelihara tanaman atau pohon, yang manfaatnya bisa dirasakan bersama, termasuk mencegah banjir dan mencegah longsor.

Wabup juga mengapresiasi dan berterima kasih atas langkah yang dilakukan oleh Kodim 0611 Garut terkait pembinaan lingkungan ini.


"Terimakasih pada kodim 00611 atas acara pembinaan lingkungan hidup mudah mudahan bermanfaat bagi bangsa kita bagi masyarakat kita dan bagi negara kita," tandasnya.

Dalam kegiatan ini, sekitar 1.555 pohon ditanam di Desa Ciwangi, dengan jenis pohon berupa pohon durian dan  tanaman keras lainnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT