• Bahasa

Akibat Cuaca Tak Mendukung dan Berawan, Hilal di Kabupaten Garut Tak Terlihat

12 Apr 2021 Hanapi 835

GARUT, Cikelet - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung, melakukan rukyatul hilal di Kampung Taman Manalusu, Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Senin (12/4/2021).

Berdasarkan pengamatan dari Kemenag Garut, hilal di Kabupaten Garut tidak terlihat dari pemantauan unsur Kemenag maupun unsur lainnya.



Kepala Kemenag Garut, Cece Hidayat, menuturkan tidak terlihatnya hilal di Kabupaten Garut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat dari tebalnya awan yang berada di sekitaran lokasi munculnya hilal.

"Kita dari Kementerian Agama Kabupaten Garut, Lapan, dan Pos BMKG di Cikelet, menurut pengamatan barusan sampai di ufuk tidak terlihat hilal karena sangat tebalnya awan" ujar Cece.



Ia menyebutkan pihaknya akan melaporkan hasil rukyatul hilal di Kabupaten Garut, dan untuk penetapann 1 Ramadhan 1442 Hijriyah tetap akan mengikuti keputusan Sidang Isbat dari Kementrian Agama di Jakarta.

"Mudah-mudahan ada kesepakatan bersama dan ada beberapa posisi hilal yang kelihatan oleh tim-tim di daerah. Mudah-mudahan besok atau kapanpun kita akan menunggu hasil sidang isbat," ucapnya.



Sementara itu, Kepala BMKG Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan 3 teropong untuk rukyatul hilal kali ini.

"Saat ini menggunakan 1 teropong, namun bergabung bersama kami Kementrian Agama Kabupaten Garut dan juga dari pihak Lapan yang membawa teropong, jadi kita memasang 3 teropong," kata Rahayu.



Ia menuturkan bahwa kondisi cuaca sangat mempengaruhi dalam pemantauan hilal ini.

"Kondisi cuaca sangat mempengaruhi terlihat atau tidaknya hilal, jadi seandainya kita berawan, kecil kemungkinan untuk bisa melihat hilal." pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT