• Bahasa

Beberapa Masjid Di Garut Gelar Salat Kusuf

21 Apr 2023 Hanapi 317

GARUT, Caringin - Beberapa Masjid di Kabupaten Garut menggelar salat gerhana matahari atau salat kusuf, Kamis pagi (20/04/2023).

Salat gerhana merupakan salat sunah yang dikerjakan saat terjadi gerhana, baik gerhana matahari ataupun gerhana bulan. Untuk salat yang dikerjakan saat terjadi gerhana bulan dinamakan salat khusuf sedangkan saat gerhana matahari dinamakan salat kusuf.



Pelaksanaan salat kusuf 3 di antaranya dilaksanakan di Masjid Besar Albarokah, Kecamatan Caringin, Masjid Al-Ihsan Perum Bumi Malayu Asri, Kecamatan Tarogong Kaler,  dan di Masjid Dienul-Haq Persis Cisero Wetan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Pada pelaksanaan salat gerhana di Masjid Besar Albarokah, Kecamatan Caringin Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, hadir sebagai khatib, dengan imam Ustadz Aap selaku Imam Masjid Al barokah.



Dalam kesempatan ini, Wabup Garut menerangkan terkait ciri-ciri orang beriman di mana ketika disebutkan nama Allah bergetar hatinya hingga ketika dibacakan ayat-ayat Allah bertambah kuat imannya.
 
Selain itu, ia juga menjelaskan terkait dengan upaya-upaya yang diperlukan untuk membentuk manusia yang bertaqwa yaitu dengan menjalankan perintah Allah baik yang wajib ataupun sunah.



Sementara itu, salat kusuf di Masjid Al-Ihsan Perum Bumi Malayu Asri dipimipin langsung oleh Ustadz Bunyamin yang bertindak sebagai imam dan khotib.

Dalam ceramahnya, ia menyampaikan beberapa pesan kepada jamaah yang hadir, salah satunya terkait fenomena gerhana sebagai tanda-tanda kebesaran Allah SWT dan dengan fenomena gerhana ini sejatinya dapat meningkatkan keimanan serta ketaqwaan umat manusia.



Di tempat lain, di Masjid Dienul-Haq Persis Cisero, salat gerhana matahari ini dipimpin oleh Ustadz Azwar Anas, di mana dalam ceramahnya ia memaparkan terkait bab gerhana hingga kewajiban umat muslim ketika terjadi gerhana seperti melantunkan takbir, melaksanakan salat gerhana, memperbanyak zikir, hingga memperbanyak infaq dan shodaqoh.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT