• Bahasa

Bupat Garut Sebut Limbangan Expo Sebagai Gerakan Membangkitkan UMKM

9 Oct 2022 Hanapi 750

GARUT, Limbangan - Bupati Garut, Rudy Gunawan mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Republik Indonesia (RI), Teten Masduki dalam  pembukaan acara Limbangan Expo UMKM 2022 yang dilaksanakan di Alun-Alun Balubur Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Minggu (9/10/2022).

Bupati Garut mengungkapkan, bahwa Limbangan Expo ini merupakan sebuah gerakan ekonomi tingkat kewilayahan atau desa. Limbangan Expo ini merupakan gerakan yang bagus untuk membangkitkan UMKM di Kabupaten Garut.



Rudy menyampaikan, Menkop UKM RI telah menginstruksikan adanya gerakan seperti ini di Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya juga akan membuka kegiatan serupa di Gedung Pendopo dengan menampilkan produk UMKM dari 421 desa dan 21 kelurahan di Kabupaten Garut.

"Untuk menggelorakan dan kebangkitan UKM, karena dari sisi PNM (Permodalan Nasional Madani) Garut itu sudah mendapatkan kredit Mekaar di atas 800 miliar, dan dari kredit yang diberikan melalui UKM juga sudah mencapai di angka 1.2 triliun di Garut semua bangkit," ucap Bupati Garut.



Ia menuturkan, tumbuh kembang dari UMKM ini salah satunya adalah berkat adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang mendorong melalui Perbankan. Selain itu, Rudy mengungkapkan bahwa Non Performing Loan (NPL) atau pinjaman bermasalah di Kabupaten Garut sangat kecil yaitu di bawah 0,5%.

"Ini yang ini, karena memang bimbingan dari kementerian dengan kita kolaborasinya baik, provinsi, kabupaten juga baik," tuturnya.



Selain itu, Bupati Garut juga mengatakan bahwa Menkop UKM RI akan memberikan bantuan untuk memperbaiki desain kemasan produk UMKM di Kabupaten Garut agar lebih menarik.

"Jadi ada rumah kemasan, rumah kemasan kami menyediakan tempat, Pak Menteri menyediakan bimbingan dan juga anggaran fasilitasi saya kira itu," lanjutnya.



Sementara itu, Menkop UKM RI, Teten Masduki menilai bahwa Limbangan Expo ini merupakan suatu inisiatif yang bagus untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Garut khususnya di Kecamatan Limbangan.

"Tapi sekaligus juga ada proses kurasi, proses pendampingan, supaya nanti ada peningkatan kualitas ya, tadi kemasannya masih sangat sederhana," ujarnya.



Teten melihat bahwa Kecamatan Limbangan memiliki beberapa produk UMKM yang unggul bahkan memiliki potensi global, salah satunya yaitu produk briket. Selain itu, ia juga menemukan beberapa produk anyaman bambu, namun untuk saat ini hanya memproduksi alat rumah tangga saja.

"Padahal kalau itu misalnya dinaikin jadi ke produk-produk yang benda seni dan sebagainya valuenya bisa lebih bagus, jadi itu ada beberapa yang punya kulturnya bagus, misalnya tadi kultur anyaman bambu tapi produknya kurang berkembang," katanya.



Melihat beberapa produk yang ditampilkan, Teten mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan salah satunya dengan cara menyatukan para pelaku UMKM melalui koperasi.

Teten juga memuji terselenggaranya Limbangan Expo ini yang dinilainya dapat membantu para pelaku UMKM menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Kabupaten Garut. Menurutnya, perencanaan dalam menyiapkan produk UMKM merupakan hal yang sangat penting, salah satunya yaitu dengan menyiapkan strategi pemasaran melalui digital.



"Kan kita harus siap juga produk-produk dari Garut itu masuk ke pasar digital, sekarang tidak harus ke kota lah, bisa di desa, bisa di kampung, bisa di Garut, bisa di kecamatan ini tetap usaha, tapi bisa jualan sampai ke nasional, bahkan ke luar (negeri)," ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM, Ayu Anggraeni menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini dirinya menyajikan kerajinan tangan berupa coet, sangraian, dan pendil, yang dibuat dari tanah liat. Diakuinya, pembuatan kerajinan ini masih secara manual, yaitu dengan hasil tangan para warga di desanya.



"Untuk pemasaran belum sempat kemana-mana, cuman kalau ada yang drop itu ada. Untuk dikirim ke pulau Jawa dan luar Jawa juga ada,"  ucapnya.

Menurut Ayu, Limbangan Expo ini merupakan acara yang sangat bagus dan bisa mengembangkan UMKM di daerahnya.

"Harapan untuk usaha di desa kami mudah-mudahan bisa terekspos di acara ini, dan bisa lebih berkembang maju juga," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT