• Bahasa

Bupati dan Wabup Garut Salat Tarawih Perdana di Lokasi Berbeda

2 Apr 2022 Hanapi 151

GARUT - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan 1443 Hijriah, jatuh pada tanggal 3 April 2022. Atas penetapan tersebut, Sabtu malam ini, (2/4/2022), menjadi pelaksanaan Salat Tarawih perdana bagi sebagian besar umat Islam di Indonesia.

Tak terkecuali di Kabupaten Garut, di mana dua pimpinan daerah, yakni Bupati Garut, Rudy Gunawan, dan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, melaksanakan Salat Tarawih perdana di dua tempat yang berbeda. Di hari perdana hampir mesjid yang dihadiri bupati dan wakil bupati penuh. Di Masjid Agung Garut, hampir seluruhnya terisi jemaah tarawih, termasuk lantai dua.



Bupati Garut sendiri melaksanakan salat tarawih perdana di Masjid Agung Garut, di Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, sedangkan Wabup Garut melaksanakan salat di Masjid Al-Hidayah, di Perum Villa Intan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Bupati Garut dalam sambutannya mengajak para jamaah yang hadir di Masjid Agung Garut untuk bersyukur, karena menurutnya pelaksanaan ibadan di bulan Ramadan tahun ini bisa lebih leluasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.



Ia juga mengajak untuk bersyukur karena di tengah wabah Pandemi Covid-19, dirinya beserta para jamaah dalam keadaan sehat wal'afiat. Terlebih, banyak masyarakat Garut yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini.

"Kita mendoakan saudara-saudara kita yang meninggal dunia karena Covid-19, meninggalnya dalam keadaan khusnul khatimah, dilapangkan di alam kuburnya, dan mendapatkan surga dari Allah SWT," ujar Bupati Garut.



Pada kesempatan ini, Bupati Garut mengapresiasi para tenaga kesehatan (Nakes) yang telah berjibaku dan berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

"Dan tentu dalam kesempatan ini kita patut bersyukur, karena tenaga-tenaga medis kita memberikan satu pekerjaan luar biasa, menyembuhkan lebih daripada 25 ribu orang masyarakat Garut yang terkonfirmasi Covid-19," ungkapnya.



Ia menuturkan bahwa berkat sinergitas berbagai pihak dalam menyukseskan vaksinasi, saat ini capaian vaksinasi di daerahnya sudah cukup tinggi, khususnya dosis satu sudah berada di angka 92 persen.

"Sehingga di Kabupaten Garut Alhamdulillah vaksinasi dosis satu sudah 92%, dosis dua lebih (dari) 70%, dan dosis tiga sekarang on progress 10%, itulah sebenarnya masalah vaksinasi adalah salah satu ikhtiar kita menangkal Covid-19," tutur Rudy.

Terakhir, Bupati Garut berharap pelaksanaan ibadah di bulan Suci Ramadan 1443 H berjalan dengan khidmat.Sementara itu, Wabup Garut dalam ceramahnya, memberikan tausiyah terkait keutamaan bulan Ramadan.  Ia mengajak para jamaah untuk mempersiapkan diri secara baik dan dapat mengaktualisasikan hakikat atau makna ibadah puasa dalam kehidupan sehari-hari.



dr. Helmi berpesan agar ibadah puasa tidak dijadikan alasan untuk mengurangi kinerja akibat rasa lapar dan dahaga, melainkan menjadikan ibadah puasa sebagai dorongan untuk meningkatkan produktivitas.

"Semoga ibadah di bulan suci Ramadan ini membawa berkah, pahala yang berlipat ganda, kebahagiaan, kedamaian, ketentraman, dan kesejahteraan bagi kita semua." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT