• Bahasa

Bupati Garut Apresiasi FK-KIM Kenalkan Garut Lewat Lelang Karya Digital NFT HJG209

9 Mar 2022 Hanapi 325
GARUT, Tarogong Kaler – Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut menggelar acara Lelang NFT (Non-Fungible Token) Hari Jadi Garut (HJG) ke-209 yang diselenggarakan di Hotel Cahaya Villas, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (9/3/2022). Acara ini sendiri dibuka secara resmi oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.


Bupati Garut sangat mengapresiasi acara yang digelar oleh FK-KIM Kabupaten Garut ini. Ia mengungkapkan, ada beberapa karya digital yang dijual dalam lelang ini, salah satunya adalah sketsa foto Bupati Garut yang pertama yaitu RAA Adiwijaya.



“Ini kegiatan yang luar biasa, saya juga baru tau adanya sesuatu yang berhubungan dengan sistem teknologi yang merupakan bagian daripada yang bisa diuangkan,” puji Rudy Gunawan.

Ia berterimakasih kepada FK-KIM Kabupaten Garut, Garut Digital Ekosistem, Diskominfo Garut, Gases TV, dan Bentara Jakarta yang telah menggelar kegiatan ini. Menurutnya, pemanfaatan teknologi seperti ini harus disosialisasikan kepada masyarakat Garut.

“NFT ini bisa menjadi bagian untuk disosialisasikan di Masyarakat Garut,” katanya.



Di tempat yang sama, Ketua FK-KIM Garut, Janur M Bagus, mengungkapkan pihaknya melelang 29 karya digital NFT HJG-209 sebanyak 6.061 copy melalui platform DaVinci dengan harga percopy-nya sebesar 29 wan, dengan harga 1 wan setara dengan Rp3000,00.

“Hari ini adalah lelang NFT HJG-209 jadi NFT adalah non fungible token itu sebuah proses di teknologi blockchain dengan minting namanya ya, jadi kita melempar 29 karya digital kita meminting 29 karya digital,” kata Janur.



Janur memaparkan, hasil dari pelelangan karya digital ini salah satunya akan digunakan untuk membantu meringankan beban sosial masyarakat Kabupaten Garut yaitu perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) dan sarana sosial yang masih kurang.

“Kita bertekad membuat Dompet Abadi, ya jadi hasil karya lelang ini kalau 6.061 copy terjual itu akan terkumpul 500 juta lebih ya, nah itu nanti 30% nya untuk para pemilik pewaris NFT ini, kemudian 30% nya itu akan kita siapkan menjadi Dompet Sosial nya kita, yang nanti kita juga ingin membantu aspek-aspek sosial masyarakat di Kabupaten Garut yang memang membutuhkan,” lanjutnya.



Sementara itu, Komisaris Utama Gases TV, Evianhartaz Alvian, menyebutkan pihaknya sangat mendukung acara pelelangan karya digital NFT HJG-209 ini. Menurutnya, ini adalah salah satu momen terbaik untuk Kabupaten Garut, untuk memperkenalkan teknologi blockchain kepada masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Gases TV sebagai tv digital berbasis blockchain di Indonesia.

“Kami sangat support sekali untuk hal ini dan mudah mudahan nanti untuk lelangnya berjalan lancar dan banyak masyarakat Garut yang mulai melek dengan adanya blockchain,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT