• Bahasa

Bupati Garut Berharap Pemkab Garut Dan IA ITB Jabar Bisa Terus Berkolaborasi

2 Oct 2022 Hanapi 160

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ikatan Alumni Insitut Teknologi Bandung (IA ITB) Jawa Barat yang diselenggarakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu malam (1/10/2022).

Bupati Garut menyambut baik dengan dipilihnya Kabupaten Garut sebagai tempat kegiatan Rakerda IA ITB Jawa Barat. Ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dan IA ITB Jawa Barat akan selalu berkolaborasi khususnya dalam bidang keilmuan teknokratik.

"Nah tentu, teknokratik, pemikiran-pemikiran teknokratik itu penting," ucap Bupati Garut.



Ia juga memaparkan, Kabupaten Garut memiliki pertumbuhan ekonomi yang masih belum cepat. Maka dari itu, ia berharap selain dalam bidang teknokratik, Pemkab Garut dan IA ITB juga bisa berkolaborasi di bidang yang lain.

"Jadi saya berharap kita berkolaborasi apalagi Garut ini mempunyai persoalan, Garut ini dari dulu laju pertumbuhan ekonomi itu selalu satu digit di bawah Jawa Barat, kalau Jawa Barat 5 maka Garut 4," katanya.



Sementara itu, Ketua Umum IA ITB Jawa Barat, Jalu Pradhono Priambodo mengungkapkan, sebelumnya IA ITB Jawa Barat pernah mendapat kritik, di mana pada awalnya IA ITB Jawa Barat dianggapnya terlalu Bandung Centris . Maka dari itu, Jalu memaparkan bahwa salah satu tahap awal yang ingin dilakukannya adalah langkah agar IA ITB Jawa Barat bisa men-Jabar.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pada masa pandemi pihaknya melaksanakan program vaksinasi yang digelar di beberapa kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Termasuk pelaksanaan Rakerda kali ini, kami sengaja memilih Kabupaten Garut sebagai (tempat) pelaksanaan Rakerda pertama dilakukan secara offline. Karena tahun lalu suasana pandemi kami melakukannya secara online," ucapnya.



Dalam rakerda kali ini, Jalu juga berterimakasih kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan yang telah mengizinkan IA ITB Jawa Barat untuk menggelar rakerda di Kabupaten Garut.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum (Waketum) IA ITB Pusat, Denda Alamsyah menyampaikan bahwa salah satu program pengurus IA ITB Pusat adalah connecting the dots, yang berarti adalah bagaimana IA ITB dapat menghubungkan titik-titik yang berserakan. Yaitu dengan menghubungkan para alumni yang berasal dari profesi yang berbeda.

"Ada yang di pemerintahan, ada yang di swasta, ada yang ngurus olahraga, ada yang ngurus kampus, ada yang ngurus penyiaran, ada yang ngurus Bandung TV, dan yang lain sebagainya ini harus disambungkan," ucapnya.



Selain itu, Denda mengatakan program IA ITB Pusat lainnya adalah Indonesianisme, atau kalau di Jawa Barat bisa disebut dengan Jawa Baratnisme.

"Kalau di Garut, Garut kan salah satu di Jawa Barat saya rasa Garut ini bisa menjadi salah satu yang bisa kita dorong untuk bagaimana Jawa Baratnisme ini pembangunannya, kemudian  IPM-nya dan lain sebagainya meningkat, yang kebetulan gubernurnya adalah alumni kita," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT