• Bahasa

Bupati Garut Beri Bantuan 36 Kasur Untuk Pengungsi Di Cisewu

6 Dec 2020 Hanapi 705

GARUT, Cisewu - Sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke lokasi bencana alam di wilayah selatan Kabupaten Garut, usai melakukan pengecekan terhadap korban bencana alam di Kecamatan Talegong, Bupati Garut Rudy Gunawan melanjutkan perjalanan ke Desa Cisewu Kecamatan Cisewu.

Tempat pengungsian yang berada di GOR (Gedung Olahraga) Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, merupakan titik pengecekan yang dilakukan Bupati beserta rombongan, termasuk Yudha Puja Turnawan, Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDIP, Sabtu malam (5/12/2020), pukul 21.30 WIB.



Dalam kunjungan ini, Bupati menyatakan keprihatinannya melihat para pengungsi yang masih tidur menggunakan alas seadanya. Upaya untuk menangani hal tersebut, Bupati memberikan 36 kasur untuk para pengungsi agar bisa tidur dengan nyaman di lokasi pengungsian.

Rudy berterimakasih kepada masyarakat yang sudah bergotong royong dalam menghadapi bencana alam. Selain itu, ia akan melakukan langkah-langkah konkret lainnya dalam penanganan bencana alam khususnya di Cisewu.

“Saya terimakasih kepada masyarakat yang sudah bergotong royong luar biasa, kami dari BPBD (Badan Penanggulangan Becana Daerah) hari ini mengirimkan kasur, supaya saya menginginkan semuanya tidur di kasur, sementara kita melakukan langkah-langkah konkret lainnya,” ucap Rudy.



Rudy menuturkan, pemberian kasur ini bermaksud agar pengungsi yang sudah lanjut usia bisa terlayani dengan baik.

“Kasur sedang menuju kesini supaya nanti terutama orang-orang tua bisa dilayani dengan baik. Posko untuk makanan sudah tersedia, malam ini kadinsos (Kepala Dinas Sosial) menuju lagi kesini untuk memperkuat posisi material yang akan dipasang besok (Minggu),” lanjut Rudy.

Meski demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan mengingat masa pandemic Covid-19 masih belum berakhir.

“Terimakasih semoga mereka sabar, Allah memberikan pertolongan kepada kita, kita di masa pandemi tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Rudy.



Adapun daftar jumlah pengungsi tercatat 245 kepala keluarga dengan 676 jiwa yang terdiri dari 4 lokasi pengungsian diantaranya adalah sebagai berikut :

1. 104 kepala keluarga 280 jiwa dievakuasi ke Gedung Madrasah Ibtidaiyah An-nur Cigentur.
2. 111 kepala keluarga 316 jiwa dievakuasi ke GOR Desa Cisewu.
3. 18 kepala keluarga44 jiwa dievakuasi ke RA Al Fajar Cisamak.
4. 12 kepala keluarga 36 jiwa dievakuasi ke rumah Kades Pamalayan.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT