• Bahasa

Bupati Garut Berikan Penghargaan Kepada Para Tokoh Dan Atlet Olahraga

12 Sep 2022 Hanapi 224

GARUT, Tarogong Kidul – Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-39 Tingkat Kabupaten Garut, dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (12/9/2022). Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati Garut, Rudy Gunawan, dihadiri Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, Nurdin Yana, bupati ke-23, H. Agus Supriadi, dana para tamu undangan lainnnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut secara simbolis menyerahkan beberapa,yaitu  kepada tokoh olahraga, atlet Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas), pelatih, atlet pemenang medali Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS), atlet National Paralympic Commitee of Indonesia (NPCI), pegiat olahraga senior berprestasi asal Kabupaten Garut. Bupati juga menyerahkan  penghargaan untuk Juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD dan SMP Tingkat Nasional Tahun 2022.



Penghargaan spesial diberikan Pemkab Garut jeaoda para tokoh olah raga, yakni H. Dede Satibi (Alm) bupati ke-22 , H. Agus Supriadi bupati ke-23, H. Dedi Suryadi, H. Ato Hermanto, dan Abdusy Syakur Amin.

Berkaitan dengan prestasi yang diraih dalam kejuaraan O2SN jenjang SD dan SMP tingkat nasional, Bupati Rudy Gunawan dalam kesempatan tersebut, berterima kasih kepada para atlet atau siswa asal Kabupaten Garut, yang telah meraih prestasi luar biasa. Ia berharap, dengan diraihnya prestasi ini dapat menjadi tonggak kebangkitan olahraga di Kabupaten Garut.  



“Dan saya berharap kita semua memberikan dorongan apalagi dinas-dinas mempunyai anak asuh bagi atlet-atlet yang berprestasi, Selamat Hari Olahraga Nasional yang ke-39 tingkat Kabupaten Garut, kita kembangkan lagi olahraga, dan kita raih sebanyak-banyaknya emas di Porprov 2022,” ucapnya.

Pada upacara kali ini, Bupati Garut juga membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali di hadapan para peserta upacara. Ia mengatakan, Peringatan HAORNAS tahun ini merupakan momen bangkitnya ekonomi dan produktivitas masyarakat melalui olahraga setelah dua tahun melewati masa pandemi Covid-19.



Ia menuturkan, kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, dan stakeholder olahraga sangat penting dilakukan guna mencetak juara di bidang olahraga, di mana memiliki proses yang sangat panjang.

“Diawali melalui pemberdayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetensi secara berjenjang, dan sistematis serta di dukung dengan penerapan sport science,” tuturnya.



Ia menyampaikan, lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBOM), diharapkan mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

“Yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter, tangguh, dan berprestasi dunia. Bahkan olaharga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan HOARNAS 39 tahun 2022 ini adalah bersama cetak juara,” lanjutnya.



Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, ia mengajak masyarakat untuk melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di berbagai lapisan masyarakat.

“Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olaharga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat, sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup, dan gaya hidup yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT