• Bahasa

Bupati Garut Bersama Kapolres Monitoring Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019

5 Nov 2019 Hanapi 2072

Bupati Garut H. Rudy Gunawan mengadakan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang III tahun 2019 di kabupaten Garut, bertempat di Garut bagian selatan, Selasa (5/11/2019).

Bupati memantau pelaksanaan Pilkades, mulai dari Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk, Desa Karyasari dan Desa Maroko Kecamatan Cibalong, Desa Cigadog dan Kertamukti Kecamatan Cikelet Desa jayamekar Kecamatan Pamulihan dan terkahir di Kecamatan Bayongbong didampingi Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK., Dandim 0611/Garut Letkol Infanteri Erwin Agung, Kasapol PP Hendra Siswara Gumilang, Para Kepala Dinas, dan Humas Diskominfo Garut .

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, peninjauan dilaksanakan dalam rangka memastikan penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Garut berjalan lancar, tertib dan aman.

"Yang pertama, laporan yang saya terima bahwa seluruh penyelenggaraan Pilkades di 125 Desa ini dalam keadaan siap semua, yang kedua kami harapkan penyelenggaraan Pilkades ini berjalan aman, kondusif, tidak ada masalah, yang ketiga yang saya harapkan adalah pastisipasi publiknya karena itu bagian dari pendidikan politik juga bagian dari kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah," ujar Bupati Garut, Selasa (5/11/2019).

Rudy Gunawan menambahkan, partisipasi masyarakat dalam memilih cukup tinggi terlihat banyaknya warga yang mendatangi TPS-TPS yang telah disediakan oleh panitia.

"Alhamdulillah dari beberapa TPS yang dikunjungi secara keseluruhan berjalan dengan baik, warga dengan tertib memberikan hak pilihnya, kemudian partisipasi masyarakat dalam memilih cukup tinggi terlihat banyaknya warga yang mendatangi TPS-TPS yang telah disediakan oleh panitia,” ujarnya.


 
Menurut Rudy, dari 125 desa yang berada di 35 kecamatan diharapkan pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan sukses tanpa ekses sehingga jalannya pemerintahan di desa nantinya dapat berjalan dengan baik.

“Diharapkan nantinya setelah pilkades, kepala desa yang terpilih dapat segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Garut dalam menjalankan roda pemerintahan di desanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah menyampaikan, untuk menjaga situasi kamtibmas selama gelaran Pilkades Serentak, Kepolisian Resor Garut menerjunkan ribuan personil pengamanan dibantu TNI, Pemda, dan unsur masyarakat. Pihaknya berharap Pilkades dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar.

“Semua pasukan kita terjunkan di seluruh TPS di desa penyelenggara Pilkades. Mereka di lokasi sampai selesai, sampai penentuan pemenang. Apabila situasi kamtibmas aman baru bisa kembali,” tegas Kapolres.

Kapolres Garut menambahkan, 2.100 personel gabungan bersiaga mengamankan jalannya Pilkades. Patroli bermotor dikerahkan untuk memantau.

"Tadi kita pantau di beberapa desa, alhamdulilah proses berjalan lancar dan tidak ada gangguan," ujarnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT