• Bahasa

Bupati Garut Buka Resmi Bimbingan Akreditasi Rumah Sakit Medina Bersama LARS-DHP

11 Jul 2022 Hanapi 270

GARUT, Tarogong Kaler - Rumah sakit saat ini sudah menjadi sebuah bisnis, dikarenakan rumah sakit mempunyai cash flow , mempunyai pengeluaran tetap, baik untuk membayar keperluan rumah sakit maupun untuk membayar para tenaga kesehatan (nakes).

"Nah karena ada irah-irah seperti itu maka masyarakat yang meminta pelayanan, jangan membedakan apa itu BPJS apakah itu umum. Karena semua juga di bayar. BPJS itu hanya dialihkan saja," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, di hadapan peserta Bimbingan Akreditasi Rumah Sakit Medina bersama Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP), di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (11/7/2022).



Rudy mengungkapkan, akreditasi merupakan suatu hal penting bagi rumah sakit sehingga rumah sakit dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Akreditasi rumah sakit sendiri salah satunya dilakukan oleh LARS-DHP.

"LARS Akan memberikan akreditasi, ada perbaikan-perbaikan. Ada hal yang harus dilakukan sesuai dengan standar. Ada sertifikat-sertifikat dari para nakes nya untuk mendapatkan suatu profesionalitas yang terukur," ungkapnya.



Menurutnya, profesionalitas yang terukur salah satunya yaitu dengan adanya sertifikasi profesi, sehingga para tenaga kesehatan memiliki keahlian khusus harus memiliki sertifikat sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat ketika datang ke rumah sakit.

"Rumah sakit swasta, Rumah sakit negeri dalam rangka melaksanakan pekerjaannya, profesinya secara perusahaan, secara rumah sakit itu harus terakreditasi. Dari mulai masuk IGD sampai dia dapat obat untuk pulang," tegasnya.



Berkaitan dengan akreditasi, Bupati Garut mengatakan, sebelumnya pihaknya pernah melakukan akreditasi untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, di mana dalam penilaian akreditasi tersebut mendapatkan bintang 5. Ia berharap, penilaian akreditasi Rumah Sakit Medina juga bisa mendapatkan bintang 5.

"Tapi kalau medina harus bintang 5, ada kesungguhan dan langkah-langkah. Saya selaku Bupati ingin ada siapapun rumah sakit yang mendorong. Supaya ada kualitas pelayanan, karena saya dipilih oleh rakyat," ucap Bupati Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT