• Bahasa

Bupati Garut Dampingi BPJS Kesehatan Jawa Barat Dalam Kunjungannya ke RS Medina

7 Apr 2022 Hanapi 534

GARUT, Wanaraja - Bupati Garut, Rudy Gunawan mendampingi Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat Fahrurrazi dan Kepala Bidang PMR & Case Manager Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Jawa Barat dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Medina, Kecamatan Wanaraja, Rabu (6/4/2022).

Bupati Garut menyampaikan kepada masyarakat Garut, kini Rumah Sakit Medina telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, di mana kini telah menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan baru yaitu untuk cuci darah.

"Yang selama ini Bapak Ibu masih ngantri di rumah sakit, insya Allah kita layani untuk cuci darah, tidak perlu ke luar Kabupaten Garut, ini sudah tersedia alat-alatnya tinggal kerjasama dengan BPJS," kata Rudy Gunawan.



Rudy berharap, adanya kerjasama antara BPJS dengan RS Medina ini bisa menjadi satu solusi warga masyarakat dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Garut.

"Kini warga bisa menggunakan pelayanan perawatan kesehataan bukan hanya di RSUD Garut saja, tetapi bisa menggunakan RS Medina yang sudah di fasilitasi oleh BPJS secara penuh," kata Bupati.



Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat, Fahrurrazi mengapresiasi perkembangan Rumah Sakit Medina yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sejak bulan Oktober tahun lalu, meskipun masih ada kendala terkait dokter spesialis.

"Dari sisi basicly (dasar) memang cukup baik ya, dan memang sudah kerja sama dari oktober 2021 lalu dan akselerasi percepatannya luar biasa beberapa fasilitas juga dilengkapi gitu ya," ucapnya.



Ia menyampaikan, RS Medina juga adaptif terhadap berbagai inovasi sehingga termasuk ke dalam piloting pelaksanaan aplikasi frista yaitu untuk pengenalan wajah.

"Jadi teknologi sekarang tidak lagi finger print tapi pengenalan wajah," ungkapnya.



Selain itu, pihaknya juga memikiki inovasi lain yaitu aplikasi Pradita yang bermanfaat untuk mempercepat klaim rumah sakit. Selain itu, ia mengutarakan, RS Medina sangat terbuka dengan kritik dan saran, dibuktikan dengan banyaknya poster BPJS yang dipasang di RS Medina.

"Sehingga ini juga memudahkan bagi Rumah Sakit untuk melakukan improvement, perbaikan terhadap kebutuhan, sarana dan segala macam," ujarnya.



Ia berharap RS Medina dapat menjadi percontohan rumah sakit lainnya khususnya yang ada di Kabupaten Garut.

"Harapannya saya berharap nanti Rumah Sakit Medina menjadi salah satu Rumah Sakit yang terbaik ya yang memberikan pelayanan bagi peserta BPJS sehingga, bisa menjadi percontohan bagi Rumah Sakit yang lain," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT