• Bahasa

Bupati Garut Intruksikan PPTP dan Para Administrator untuk Bergerak di Lapangan Dalam Rangka Percepat Vaksinasi

8 Nov 2021 Hanapi 487

GARUT, Tarogong Kidul – Bupati Garut, Rudy Gunawan, menginstruksikan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan para administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk bergerak di lapangan guna mempercepat vaksinasi di Kabupaten Garut.

Hal itu dikemukakannya pada acara Apel Gabungan Terbatas bersamaan dengan Deklarasi Gerakan Garut Tanpa Knalpot Bising, di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (8/11/2021),

“Saya instruksikan hari ini dipimpin oleh Pak Sekda untuk membagi habis sampai akhir tahun. Para penjabat tinggi pratama, para administrator, untuk bergerak di lapangan mempercepat vaksinasi. Target 50% tercapai dalam minggu ini. Tapi untuk tercapainya 40% lansia, ini memerlukan kerja keras,” ujar Bupati Garut.



Selain itu, Rudy juga menyampaikan, pihaknya akan melakukan evaluasi kepada kepala Puskesmas  yang tidak dapat melakukan vaksinasi 50 orang per hari.

“.Termasuk mereka yang sekarang katanya, “Sekarang kita mengejar. Mengejar untuk bisa mendapatkan angka minggu ini 50% untuk vaksin dosis 1, dan 40% dosis vaksin 1 untuk lansia di atas 59 tahun,” katanya.



Ia juga menuturkan, saat ini pihaknya sedang mengejar capaian vaksinasi sebesar 50 persen. Apalagi di bulan Januari tahun depan, piahaknya memiliki tugas untuk melakukan vaksinasi kepada anak yang berumur 6 sampai 12 tahun.

“Sekarang ini adalah hal yang berhubungan dengan vaksinasi ini menjadi penting, apalagi nanti di bulan Januari kita punya tugas berat Dinas Kesehatan dan puskesmas. Kita mewajibkan untuk memvaksin anak 6 sampai 12 tahun, tentu ini dihubungkan juga dengan Disdik,” lanjutnya.



Rudy mengungkapkan, nantinya vaksinasi terhadap anak yang berumur 6 sampai 12 tahun ini, tetap harus disertai dari izin orang tua saat akan dilakukan vaksinasi.

“Vaksinasi akan dilaksanakan di sekolah, kalau anak dibawah 10 tahun, ya, didampingi orang tua. Saya juga minta ada izin orang tuanya, supaya anak ini ketika divaksin , ya, kita harapkan tidak ada KIPI, ini juga bisa diterima oleh keluarganya,” ungkapnya.



Rudy memaparkan, di Kabupaten Garut ada sekitar 400 ribu anak yang menjadi target vaksinasi.

“Ada 400 ribu orang di Kabupaten Garut, apakah 70% nya menjadi (target), apakah semuanya divaksin. Kalau saya (inginnya) semuanya divaksin, supaya apa? Supaya dia sekolahnya nyaman, ada perlindungan vaksin ketika anak SD dan anak SMP itu dilakukan vaksinasi, sehingga sekolah tatap muka menjadi permanen.” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT