• Bahasa

Bupati Garut Lantik 3 Kades PAW di Kabupaten Garut

14 Mar 2022 Hanapi 421

GARUT, Tarogong Kidul - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar Apel Gabungan Terbatas di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (14/3/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, melantik 3 Kepala Desa (Kades) Penggantian Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Garut.



Dalam pengantar sumpah jabatan, Bupati Garut menyampaikan, Kades sama dengan dirinya, yakni sama-sama dipilih oleh rakyat. Walaupun kali ini para kades yang dilantik merupakan PAW, akan tetapi tetap dipilih oleh salah satu badan permusyawaratan sebagai representasi wakil rakyat.

"Saudara saudara tentu sama dengan saya, (yakni) dipilih oleh rakyat, karena ini PAW dipilih oleh satu badan permusyawaratan yang mewakili rakyat, saya minta saudara-saudara bekerja dengan sebaik-baiknya," ujar Bupati Garut.



Menurutnya, desa merupakan bagian yang mempunyai otonomi khusus, karena desa mempunyai anggaran yang dikeluarkan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sampai dengan memiliki Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

"Saya menganggapnya dalam disertasi saya adalah otonomi tingkat 3, karena desa mempunyai anggaran yang dikeluarkan oleh APBN langsung ke desa, dalam bentuk dana desa, ada bagi hasil dalam bentuk ADD, ada juga bantuan keuangan dari pemerintah provinsi sama dengan kabupaten, ada APBDes, ada juga yang namanya peraturan desa, yang tidak ada adalah lembaga legislatif," kata Rudy.



Ia berharap para kades yang hari ini dilantik mampu bekerja maksimal, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Sementara itu, Kades Girimukti, Kecamatan Cibatu, Dede Samsudin, yang hari ini dilantik menuturkan,  dirinya bangga bisa dilantik secara langsung oleh Bupati Garut dan di hadapan para kepala dinas di lingkungan Pemkab Garut.



Ia mengungkapkan, sebagai Kades PAW dirinya hanya akan menjabat sampai bulan Juni Tahun 2023. Berkaitan dengan program, lanjut Dede, pihaknya akan melanjutkan program dari kades terdahulu.

"Kalau PAW itu melanjutkan program yang terdahulu, cuman melaksanakan pertanggungjawaban yang belum (terlaksana), karena itu udah ada aturan nya gitu yah tinggal melanjutkan," ungkapnya.



Dede berharap pihaknya mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya dari masyarakat, agar Desa Girimukti yang ia pimpin bisa maju.

Berikut Kades PAW yang dilantik oleh Bupati Garut pada Apel Gabungan Terbatas, Senin (14/3/2022) :
1. Ramdhan Jaelani sebagai Kepala Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.
2. Deden Oting sebagai Kepala Desa Galihpakuwon, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.
3. Dede Samsudin sebagai Kepala Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT