• Bahasa

Bupati Garut Menerima Kunker dari Kemenkop UKM RI dan Yayasan Poppy Dharsono

16 Jan 2022 Hanapi 205

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia (RI) beserta Ketua dari Yayasan Poppy Dharsono yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Sudharsono, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (16/01/2022).

Turut pula hadir Konsulat Ekonomi Kedutaan Maroko, Mr. Omar El Asli, Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, dan Pengusana Garment di Indonesia, David Cohen.



Bupati Garut menyambut baik kedatangan rombongan apalagi Poppy yang juga lahir di Garut ini merupakan seseorang yang luar biasa. Untuk itu, ia meminta bimbingan kepada Poppy agar produk UMKM yang ada di Garut bisa berdaya saing, khususnya produk dari kerajinan kulit.

"Kami mohon bimbingannya karena Kabupaten Garut mempunyai sentra kulit yang tertua sebenarnya kalau di dalam sejarah Garut, tempo dulu yang namanya industri pemintalan secara modern bukan di Majalaya, tahun 1925 adalah di Garut," ucapnya.



Ia berharap melalui kunjungan dari Kemenkop RI dan pihak lainnya mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi pelaku usaha di Kabupaten Garut.

"Nah tentunya kedatangan dari Jakarta di bawah koordinasi dan arahan bapak Menteri Koperasi dan UKM membawa pengusaha-pengusaha ke Kabupaten Garut ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kami semua," harap Rudy.



Sementara itu, desainer yang juga selaku Ketua APPMI, Poppy Dharsono, menuturkan, produk kulit asal Garut sudah terkenal sejak lama. Ia berharap Kabupaten Garut bisa menjadi sentra kulit di Jawa Barat.

"Jadi itu cita citanya pak, saya menginginkan Garut menjadi sentra kulit di Jawa Barat dan ada Pak Teten yang sangat memperhatikan sekali kalau tidak ada Pak Teten tidak mungkin kita ada disini, Pak Teten ikut koperasi kita tujuannya agar, kalau pejabat disini nanti mungkin juga DPR nya, DPD nya bisa membantu ya memberikan motivasi agar Garut bisa menjadi sebagus matanya Charlie Chaplin melihat Garut," tuturnya.



Di tempat yang sama, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM RI, Siti Azizah, mengungkapkan pertemuan ini bisa menjadi langkah pertama dalam mengembangkan potensi Kabupaten Garut, dan ia juga berterima kasih kepada pihak perbankan yang telah ikut  berpartisipasi dalam mendukung pelaku usaha dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)-nya.

"Mudah-mudahan semakin banyak ya pak di Garut, karena potensinya sangat besar, jadi yang pertama sekali tadi juga di sampaikan bahwa pengrajin kulit di Garut inilah yang harus kita kembangkan sekarang, dan memang dengan kondisi yang ada sekarang saya yakin resources, talenta, dari para pelaku UMKM disini bisa menjadi modal yang awal yang sangat luar biasa." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT