• Bahasa

Bupati Garut Mengajak Masyarakat Menjadikan Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup

28 Apr 2021 Hanapi 842

GARUT, Garut Kota – Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri kegiatan Peringatan Malam Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Masjid Agung Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu malam (28/4/2021). Kegiatan ini turut dihadiri oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut baik secara luring ataupun daring.

Dalam acara ini, Bupati Garut memberikan sambutan terkait peringatan malam nuzulul qur’an di mana al-qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

“Kita hari ini bersama-sama memperingati turunnya al-qur’an yang disampaikan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW dan sekarang al-qur'an itu adalah satu-satunya jalan yang akan menyelematkan kehidupan kita di dunia dan akhirat tentu dengan sunah-sunah Rasulullah SAW,” kata Bupati Garut.



Rudy Gunawan berharap masyarakat Garut bisa mengoptimalkan untuk membaca dan menghafal alqur’an. Selain itu ia menyebutkan bahwa di Kabupaten Garut sudah terdapat lebih dari 100 orang yang menjadi hafidz.

“Besar harapan kami selaku pimpinan daerah, seluruh masyarakat Garut lebih mengoptimalkan kembali membaca dan menghafal artinya, serta mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam al-qur'an. Alhamdulillah, sekarang ini lebih daripada 100 orang di Kabupaten Garut yang sudah hafidz alquran tamat 30 juz,” ujarnya.



Maka dari itu, Bupati Garut mengajak masyarakat untuk menjadikan alquran sebagai pedoman dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari baik meningkatkan ketakwaan maupun antar hubungan manusia.

“Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh masyarakat Garut ayo kita jadikan al-quran sebagai pedoman dalam rangka melaksanakan kehidupan kita yang habluminallah dalam rangka meningkatkan ketakwaan dan tentu hablumminannas hubungan manusia dengan manusia,” pungkasnya.



Dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Garut, KH. Aceng Mimar Hidayatulloh, bertindak sebagai penceramah sekaligus imam sholat tarawih. Dalam Ceramah sebelum pelaksanan sholat tarawih ia menjelaskan hikmah dari malam Nuzulul Qur'an, dimana hal yang harus diperhatikan dalam malam Nuzulul Qur'an adalah ayat pertama yang diturunkan Allah SWT yakni Surat Al-'Alaq yang berbunyi Iqro atau Bacalah, sehingga ini harus menjadi salah satu bahan tafakur bagi kaum muslim dalam membaca alam dan sekitarnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT