• Bahasa

Bupati Garut Resmikan Fly Over Bunisari di Kecamatan Malangbong

28 Mar 2022 Hanapi 578

GARUT, Malangbong - Bupati Garut, Rudy Gunawan meresmikan Jembatan Fly Over Bunisari, Jalan Raya Malangbong, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Senin (28/3/2022). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh bupati bersama Ketua DPRD, Euis Wartiah, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga turut menyaksikan, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, dan para Kepala SKPD.

Bupati Garut menyampaikan, fly over ini merupakan jembatan yang telah lama ditunggu oleh masyarakat khususnya masyarakat Desa Bunisari, guna mempermudah akses transportasi masyarakat.

"Kita berharap ini bisa mempercepat proses pergerakan orang dan barang di Desa Bunisari, yang tadinya harus melingkar 6 km sekarang hanya cukup dengan 3 menit sudah sampai ke jalan negara," katanya.



Selain itu, Rudy menuturkan, di bulan Oktober mendatang pihaknya akan melakukan pembangunan jalan menuju jembatan, dengan dana yang digunakan berasal dari anggaran perubahan. Ia berharap, adanya fly over ini dapat mempercepat akses ekonomi masyarakat.

"Fly over ini digunakanlah oleh masyarakat untuk kepentingan kepentingan ekonomi sosial dan lain sebagainya ini supaya lebih cepat (aksesnya)," lanjutnya.



Sementara itu, Kadis PUPR Garut, Luna Aviantrini  menyebutkan, pembangunan fly over ini memiliki panjang jalan 264 meter dengan anggaran berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU)  Pemkab Garut Anggaran Tahun 2021.

"Pekerjaan yang ada dalam pembangunan Fly over Bunisari ini terdiri dari pekerjaan jalan, dengan status jalan desa dengan panjang jalan 264 meter, lebar badan jalan 8 meter, lebar perkerasan 6 meter, lebar bahu jalan 2x1 meter," kata Kadis PUPR Garut.



Pembangunan fly over ini, imbuhnya, dilaksanakan oleh PT. Prawestri Bangun Pratama dengan nilai kontrak sebesar Rp5.189.236.900. Luna memaparkan, ada beberapa desa yang merupakan penerima manfaat dari pembangunan fly over ini, salah satunya adalah Desa Bunisari.

"Dalam kesempatan ini kami akan sampaikan kepada Bapak Bupati bahwa penerima manfaat dari jalan dan jembatan fly over ini meliputi 7 desa, yaitu Desa Bunisari, Desa Lewo Baru, Desa Sanding, Desa Sukamaju, Desa Sukanagara, Desa Girimukti, serta Desa Girijaya," lanjutnya.



Salah seorang warga Bunisari, Euis, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Garut yang telah mewujudkan keinginan masyarakat Bunisari untuk memiliki fly over. Menurutnya, fly over ini sangat bermanfaat terutama sebagai akses ekonomi dan akses masyarakat yang ingin berobat ke fasilitas kesehatan.

"Alhamdulillah panginten mangtaun-taun parantos laksana, parantos karaut lah ayeuna tos katinggal beresna (alhamdulillah mungkin setelah bertahun-tahun kini sudah terlaksana, sekarang sudah terlihat selesainya pembangunan fly over)," kata Euis.



Dalam kesempatan ini, Bupati Garut  melantik Satgas Bencana PUPR Kabupaten Garut, yang berfungsi sebagai unit reaksi cepat dalam penanggulangan bencana.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT