• Bahasa

Bupati Garut Terima Kunker Dirjen HKI Kemenkumham RI

19 Jan 2023 Hanapi 483

GARUT, Garut Kota – Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja  Direktorat Jenderal (Ditjen) Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir. Razilu, di Rumah Makan Kampung Muara Sunda, Jalan Raya Bayongbong, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (18/1/2023).

Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir. Razilu, mengungkapkan, pihaknya kini memiliki program yang diberi nama Gerbang Transisi (Bergerak Bangkitkan Kesadaran Inspirasi dan Motivasi dan Inspirasi) dalam rangka mengajak seluruh jajaran Kemenkumham di seluruh Indonesia untuk berkontribusi secara baik bagi kementerian.



Ia mengungkapkan, dirinya sudah memulai pelaksanaan program tersebut ke beberapa daerah diantaranya yaitu Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Bandung. Setelah itu, imbuhnya, pihaknya melanjutkan kunjunganya ke Kabupaten Garut dengan mengunjungi lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan (rutan), dan balai pemasyarakatan (bapas).

“Jadi begitu kegiatan yang kita lakukan dan selalu berusaha untuk dapat bersilaturahmi dengan tokoh agama kalau memungkinkan ada waktunya. Dan besok itu saya juga didaulat untuk memberikan kuliah subuh di mesjid agung Garut,” tuturnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa seluruh Forkopimda merupakan mitra dari Kemenkumham yang tidak bisa dipisahkan.

“Jadi itu adalah mitra kerja yang sesungguhnya membangun sinergitas, kolaborasi, komunikasi yang baik dari mitra-mitra di daerah di Garut. Dan kami ini adalah kementrian yang sangat besar pasti sama dengan pengadilan, kejaksaan, apalagi kepolisian,” tuturnya.



Pada bagian lain , ia menyampaikan bahwa ekonomi yang tidak akan pernah runtuh adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena dapat dibuktikan setelah adanya Covid-19, hanya UMKM yang bisa bertahan dibandingkan perusahan-perusahan besar yang mengalami kerugian besar. Maka dari itu, imbuhnya, pihaknya memiliki banyak program yang akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat, salah satunya yaitu _One Village One Brand_, di mana pihaknya akan membangun desa dan kecamatan dengan satu brand tersendiri yang bisa digunakan oleh UMKM untuk bergerak dalam satu produk atau jasa tertentu.

Sementara itu, Bupati Garut berterimakasih atas kunjungan dari Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI ke Kabupaten Garut. Ia mengungkapkan,  Kabupaten Garut adalah daerah yang memiliki ciri khas, salah satunya yaitu udara sejuk di sekitar pegunungan serta sumber air panas.

“Kami, saya selaku salah satu pimpinan daerah bilamana ada salah satu pejabat penting dari pusat datang mengunjungi kami ya tentu kami memberikan rasa kehormatan, karena bagaimana pun juga Rutan, Bapas, Lapas merupakan bagian dari instansi yang vertikal yang penting di Kabupaten Garut,” ucapnya.



Ia berharap, sambutan yang diberikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, dapat berkenan bagi rombongan dari Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

“Dan saya berharap bapak dengan keluarga nanti segara datang ke Garut di satu saat kapan pun pak kapan pun kami bisa di kontak saja instansi vertikal di bawah bapak pasti kami merespon untuk memberikan perhormatan,” lanjutnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT