• Bahasa

Bupati Resmikan Pembukaan MTQ XLII Tingkat Kabupaten Garut

21 Oct 2019 Hanapi 3623

Bupati Garut H. Rudy Gunawan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLII tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019 yang berlangsung di Depan Masjid Agung, Alun-alun kabupaten Garut, Senin (21/10/2019).

Dalam acara tersebut dihadiri pula Danrem 062 Tarumanegara Kol. Inf. Parwito, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah, Dandim 0611 Garut Letkol Inf. Erwin Agung Teguh Wiyono Adrianto, Ketua Pengadila Negeri Garut, Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Unsur Pimpinan DPRD Garut, Sekda Garut, Kepala Kantor Departemen Agama Garut , Asisten I bidang pemerintahan dan Kesra H. Nurdin Yana (Panitia Pelaksana), Ketua MUI Garut, Para Kepala Dinas, para camat serta para undangan lainya.

Pada MTQ kali ini mengambil tema “Dengan Semangat MTQ Ke- XLII Kita Tingkatkan Minat Baca dan Bakat Qori, Qoriah Kabupaten Garut Menuju Generasi Qur’ani Yang Unggul, Cerdas, dan Berakhlaq Mulia”.

Sebelum sambutannya Bupati Garut terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan Dewan Juri MTQ tingkat kabupaten Garut, disaksikan unsur Forkopimda.



Dalam sambutannya Bupati Garut mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ ke XLII tingkat Kabupaten Garut di kecamatan Garut Kota, serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Garut untuk bersama–sama mensukseskan digelarnya MTQ ke XLII tingkat kabupaten Garut ini.

”Saya ucapkan selamat datang di Kecamatan Garut Kota kepada seluruh kafilah MTQ Ke XLII tingkat Kabupaten Garut tahun 2019. Semoga suasana nyaman dapat memberikan dukungan pada setiap peserta untuk mengukir prestasi pada MTQ kali ini. Saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut untuk bersama-sama mensukseskan jalannya MTQ Ke XLII Tingkat Kabupaten Garut sebagai bagian dari usaha kita bersama menjunjung tinggi kemuliaan Al-Qur`an serta meningkatkan syiar Islam menuju Kabupaten Garut yang bermartabat, Nyaman dan sejahtera dalam upaya mewujudkan masyarakat Garut yang madani, agamis sejahtera dan berkeadilan dalam NKRI,” kata Bupati Garut.

Selain itu menurut Bupati, kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga nilai-nilai Al-qur’an dan menumbuh kembangkan kebiasaan masyarakat Garut dalam membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an.



Bupati juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat Garut untuk mengikuti acara dengan baik dan khidmat sehingga dapat manfaat setelah acara selesai. Pada sisi lain bupati meminta agar para Dewan Hakim bisa berlaku adil dan objektif dalam memberikan penilaian sehingga memuaskan semua pihak.

“Saya meminta kepada seluruh peserta atau kafilah dapat bertanding secara Sportif dan motivasi tinggi sehingga kegiatan ini akan menghasilkan para juara dengan kualitas terbaik yang menjadi kebanggan masyarakat Garut," Tambah Bupati.

Masih kata Bupati Rudy Gunawan, mari kita laksanakan seluruh kegiatan MTQ dengan dasar kecintaan terhadap Al-Qur`an. Semoga hati kita akan senantiasa dekat dengan Al-Qur`an sehingga seluruh aktivitas kehidupan kita berlandaskan nilai-nilai Al-Qur`an.



”Akhirnya kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat mengikuti setiap kegiatan MTQ mulai dari Tilawatil Qur`an, Tahfidz, Tafsir, Syarhil, Fahmil, Menulis Kandungan Ilmu Qur`an hingga Kaligrafi. Semoga Allah SWT mencatat kelurusan hati dan niat kita untuk menjaga kekhidmatan MTQ sebagai upaya memuliakan dan mengagungkan Al-Qur`an,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutanya Ketua Panitia MTQ tingkat kabupaten Garut H Nurdin Yana memaparkan, bagi umat yang beriman terutama yang beragama Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan. Di bidang ilmu pengetahuan, Al-Qur’an memberi petunjuk agar manusia mengembangkan dan menggunakan akal sebagai kekuatan dalam mempelajari rahasia-rahasia alam semesta dan sumber daya alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia.

”Pendidikan baik formal maupun informal di Indonesia ditujukan untuk membentuk manusia yang berkualitas, manusia yang berkualitas yang dimaksud adalah menusia yang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mulia, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. Al-Qur’an meruakan kitab suci yang penting bagi umat manusia karena dengan Al-Qur’anlah manusia itu mulia dan hidup sesuai dengan kefitrahannya. Hal ini sejalan dengan apa yang tersurat dan tersirat dalam Al-Qur’an,” paparnya.

Dijelakan Nurdin Yana, MTQ yang diselenggarakan saat ini tidak hanya sebatas suatu kegiatan seremonial rutin dan adu ketangkasan membaca Al-Qur’an di kalangan peserta MTQ, melainkan juga tuntutan untuk mengamalan isi kandungannya dalam kehdupan sehari-hari.


Pelaksanaan MTQ XLII Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019 ini terdiri dari 10 cabang lomba yang terdiri dari :
1. MTQ Anak-Anak dan Murottal
2. MTQ Remaja, Canet dan Sab’ah Murottal;
3. MTQ Dewasa dan Sab’ah Mujawwad;
4. MHQ 1 Juz, 5 Juz dan Tilawah;
5. MHQ 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz;
6. Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris;
7. Kaligrafi;
8. Fahmil Qur’an;
9. Syarhil Qur’an, dan
10. Musabaqah Makalah Al-Quran

Dalam pelaksanaannya MTQ XLII Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019 ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai hari Senin sampai dengan Jum’at tanggal 21 sampai dengan 25 Oktober 2019 bertempat di Kecamatan Garut Kota, dengan peserta yang akan ikut dalam pelaksanaan MTQ ini terdiri dari khafilah-khafilah dari 42 Kecamatan berikut officialnya.



"Semoga kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XLII Tingat Kabupaten Garut Tahun 2019 nantinya akan menjadi ajang merajut Ukhuwah Islamiah dan menjadi momentum penting bagi perekat kebangsaan menuju Kabupaten Garut Unggul,” pungkasnya.

Usai peresmikan MTQ XLII yang ditandai dengan penyerahan piala bergilir dan pemukulan bedug, Bupati bersama Danrem 062, Kapolres Garut, Dandim 0611 dan panitia MTQ diarak menuju panggung kehormatan dengan menaiki dedombaan (Kesenian Khas Garut).

Defile Kafilah di ikuti ribuan peserta dan penonton MTQ XLII Kabupaten Garut, berlangsung di Jalan Otista, Kecamatan Garut Kota.



Selanjutnya, Defile Kafilah 42 Kecamatan yang akan tampil, Defile itu dimulai dari kecamatan Garut Kota sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ XLII Kabupaten Garut.

Bupati Garut didampingi Forkopimda melihat secara langsung peserta pawai ta’aruf di panggung kehormatan sambil melambaikan tangan dengan disaksikan ribuan masyarakat Garut.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT