• Bahasa

Dandim 0611 Garut Berikan Materi Kepemimpinan Dihadapan Ratusan Pelajar SMKN

14 Jan 2018 Admin 1387

Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, S.IP, didampingi Danramil Tarogong Kapten Inf. Jaja beserta jajaran, memberikan materi Latihan Dasar Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Bela Negara pada 800 Siswa-siswi SMKN 1 Garut bertempat di Gedung SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (13/01).

 

Dalam pemaparan materinya, Dandim mengatakan, pelaksanaan Kepemimpinan dan Bela Negara Kebangsaan di sekolah sangatlah penting dan tepat, terutama bagi siswa-siswi, karena pelajar merupakan kader-kader pemimpin bangsa, cetusnya.

 

“Pengembangan jiwa kepemimpinan yang paling penting dalam satu organisasi atau suatu kegiatan adalah kepemimpinan atau leadership yaitu, kepemimpinan yang bersikap dalam menggerakan orang lain. Tanamkan jiwa kedisiplinan dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan sekolah dan bekerja keras, itu merupakan kunci utama sukses, yang lebih penting lagi hindari hal-hal yang akan merugikan diri sendiri,” tegasnya.

 

Letkol Inf. Asyraf Azis melanjutkan, sifat kepemimpinan haruslah luwes, jangan sampai interaksi antara pemimpin dan pengikut kurang dekat, bersifat diktator, tidak mau menerima saran dan pendapat pengikut, apalagi memerintahkan secara keras dan semena-mena, itu harus dihindari, tandas Asyrif.

 

“Proses terbentuknya jiwa kepemimpinan ada beberapa pendapat, diantaranya teori pembawaan atau keturunan, dan teori sosial atau pengaruh lingkungan. Sementara tipe kepemimpinan dapat dikelompokan diantaranya kepemimpinan pribadi atau personal, kepemimpinan non personal, kepemimpinan otoriter, kepemimpinan demokrasi, kepemimpinan kebapaan atau paternalistic, dan kepemimpinan keagamaan,” ungkap Dandim 0611 Garut dihadapan ratusan pelajar dan staf guru SMKN 1 Garut.

 

Sementara itu, wakil sekolah SMKN 1 Garut, Asep Paridadin, S.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0611 Garut beserta jajaran yang telah mendukung kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Bela Negara Kebangsaan.

 

“Pihak sekolah mengharapkan silaturahmi dan kerjasama yang baik ini, tetap dibina agar dari TNI dengan SMKN 1 Garut menjadikan hubungan yang solid dan saling mendukung,” pungkas Asep.

 

(Igie), hariangarut-news.com

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT