• Bahasa

Dekranasda Garut Menerima Kunker Dari Dekranasda Cianjur

18 Jan 2022 Hanapi 640

GARUT, Tarogong Kidul - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut menerima kunjungan kerja Dekranasda Kabupaten Cianjur. Rombongan yang dipimpin ketuanya, Anita Sinca Yani,  diterima secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Dekranasda Garut, Diah Kurniasari, di Gedung Parigel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (18/01/2022).

Diah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dekranasda Cianjur karena bisa hadir dan melilhat secara langsung produk-produk khas yang ada di Kabupaten Garut. Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi ajang _sharing_ tersendiri dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing Dekranasda, baik Dekranasda Garut maupun Dekranasda Cianjur.



Ia berharap dengan adanya kunjungan ini bisa menjadi pemantik dalam memajukan Dekranasda yang ada di masing-masing daerah. "Jadi mudah-mudahan kita sama-sama untuk lebih memajukan dekranasda yang ada di kabupaten kami masing-masing nah itulah harapan kami," ujar Ketum Dekranasda Garut.

Sementara itu, Ketum Dekranasda Cianjur yang juga merupakan istri dari Bupati Cianjur, Anita Sinca Yani, menuturkan, alasan pihaknya memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi studi tiru karena menurutnya Kabupaten Garut memiliki potensi yang sangat besar, khususnya di bidang kerajinan.



Apalagi saat ini, lanjut Anita, salah satu produk unggulan dari Garut yakni Batik Garut kini bisa berkembang cukup pesat, padahal sebelumnya, menurut Anita eksistensi Batik Garut dengan Batik Cianjur hampir sama.

"Terutama dalam kain batik ya, asalnya Garut sama Cianjur itu sama. Tapi kenapa Garut bisa lebih cepat meningkat perkembangan (batik)nya, oleh karena itu kami datang kesini pengen tau apa sih rahasianya bisa secepat itu," tutur Anita.



Selain Batik Garut, imbuh Anita, Kabupaten Garut juga memiliki produk lain yang sudah terkenal kemana-mana yaitu kerajinan olahan dari kulit. Sehingga hal tersebut yang mendasari pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut.

"Kulit juga sama di sini kan terkenal, kemana-kemana kulit (Garut), jaketnya ya maupun dompetnya juga dari kulit di Kabupaten Garut, ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan saya pun kalau pun suka ke sini (beli kerajinan kulit) ke Kabupaten Garut, jadi sangat bagus sekali disini itu." tandasnya.

Dalam kegiatan ini sendiri, Dekranasda Garut menampilkan beberapa produk di Gedung Parigel ini, seperti kerajinan akarwangi, kulit, bambu, batik sampai ke beberapa makanan khas dari Kabupaten Garut itu sendiri.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT